News
·
3 April 2021 2:20

Satu Polisi dan Pelaku Penabrak Barikade Gedung Kongres AS Capitol Tewas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Satu Polisi dan Pelaku Penabrak Barikade Gedung Kongres AS Capitol Tewas (188677)
Anggota Pengawal Nasional Washington berjaga-jaga di luar Gedung Capitol, mengantisipasi potensi protes bersenjata di Olympia, AS, Minggu (17/1). Foto: Lindsey Wasson/REUTERS
Salah satu dari dua petugas kepolisian dikabarkan tewas usai ditabrak mobil di barikade utara Gedung Capitol, Washington, DC, Amerika Serikat (AS). Sebelumnya, polisi tersebut mengalami luka serius dan dilarikan ke rumah sakit.
ADVERTISEMENT
"Salah satu petugas kami meninggal akibat luka yang dialaminya," kata pejabat Kepolisian Capitol AS, Yogananda Pittman, dikutip dari AFP, Sabtu (3/4).
Yogananda membenarkan bahwa tersangka penabrak barikade juga tewas usai ditembak oleh pihak kepolisian. Belum dibeberkan identitas dari penabrak tersebut. Sementara satu polisi lainnya tengah mendapatkan perawatan intensif.
Dikutip dari Foxnews, pengemudi tersebut dilumpuhkan oleh polisi usai keluar dari mobil sembari menenteng pisau. Pihak kepolisian yakin bahwa serangan itu tak terkait terorisme dengan pelaku tunggal.
Akibat insiden ini, lockdown juga telah diberlakukan di Gedung Capitol pada Jumat (2/4) waktu setempat. Garda Nasional diterjunkan dalam proses sterilisasi. Seluruh staf dilarang masuk maupun keluar gedung.
Insiden ini terjadi di tengah pengamanan yang ketat diberlakukan di Capitol AS, usai penyerangan terjadi pada 6 Januari lalu oleh para pendukung mantan presiden Donald Trump. Saat itu, lima orang termasuk petugas kepolisian tewas.
ADVERTISEMENT
Gedung Capitol merupakan kantor Kongres AS yang terdiri dari DPR dan Senat. Di Capitol UU diperdebatkan dan diputuskan. Tempat ini juga digunakan untuk sejumlah kegiatan penting, salah satunya pelantikan presiden AS.