Habib Rizieq jelaskan lahan pesantren Markaz Syariah

Selain Habib Rizieq, PTPN Juga Somasi Pihak Lain soal Tanah di Megamendung

28 Desember 2020 8:44
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Selain Habib Rizieq, PTPN Juga Somasi Pihak Lain soal Tanah di Megamendung (25314)
searchPerbesar
Ilustrasi lahan PTPN. Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab mendapatkan somasi dari PT Perkebunan Nusantara VIII atau PTPN VIII.
ADVERTISEMENT
Somasi itu terkait tanah perkebunan yang dijadikan Markaz Pesantren Argokultural Markaz Syariah di Megamendung, Kabupaten Bogor. Rizieq disomasi sebagai pemilik pesantren tersebut.
Namun, rupanya PTPN VIII tidak hanya mensomasi Habib Rizieq. Sekretaris Perusahaan PTPN VIII Naning DT mengatakan surat somasi juga diberikan ke sejumlah pihak lain yang menempati lahan HGU di kawasan tersebut.
"Dengan ini kami sampaikan bahwa PT Perkebunan Nusantara VIII telah membuat Surat Somasi kepada seluruh Okupan di Wilayah Perkebunan Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor; dan Markaz Syariah milik pimpinan FPI memang benar ada di areal sah milik kami," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (27/12).
Selain Habib Rizieq, PTPN Juga Somasi Pihak Lain soal Tanah di Megamendung (25315)
searchPerbesar
Habib Rizieq jelaskan lahan pesantren Markaz Syariah Megamendung. Foto: Front TV
Namun, PTPN tidak merinci siapa saja pihak-pihak yang dimaksud tersebut. Mereka hanya meminta agar yang menerima surat somasi tersebut untuk mengosongkan lahan. Jika tidak PTPN akan menempuh jalur hukum.
ADVERTISEMENT
Habib Rizieq sendiri tidak membantah jika lahan yang ditempati pondok pesantrennya merupakan milik PTPN. Namun, menurutnya lahan itu tidak diurus oleh PTPN sehingga digarap masyarakat hingga lebih 30 tahun. Habib Rizieq kemudian membelinya dari masyarakat tersebut.
"Kami bayar kepada petani, bukan ngerampas saudara. Kami datangi petaninya, ada yang mau jual lahannya enggak? Saya dan keluarga ingin bangun pondok pesantren di sini, para petaninya ramai-ramai datang, habib bayarin tanah kami bib kalau buat pesantren," kata Habib Rizieq dalam video yang dimuat di channel Youtube Front TV pada Rabu (23/12).