News
·
15 Juli 2021 18:56
·
waktu baca 1 menit

Sempat Buron, Korlap Aksi Bela Rizieq di Tasik Berujung Ricuh Serahkan Diri

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sempat Buron, Korlap Aksi Bela Rizieq di Tasik Berujung Ricuh Serahkan Diri (140507)
searchPerbesar
Kericuhan terjadi di aksi massa menuntut Habib Rizieq Shihab dibebaskan di Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (12/7). Foto: Dok. Istimewa
Seorang pria berinisial A yang berstatus sebagai DPO usai Aksi Bela Rizieq di Tasikmalaya akhirnya menyerahkan diri. Dia mendatangi Polres Tasikmalaya dengan diantar sejumlah ulama dan akan segera dimintai keterangan di Mapolda Jabar.
ADVERTISEMENT
"Satu yang DPO itu sudah menyerahkan diri ke Polres Tasikmalaya, yang bersangkutan diantar pesantrennya oleh ulama di sana, jadi sekarang sudah lengkap tersangka itu berjumlah empat orang," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A. Chaniago, Kamis (15/7).
Erdi menambahkan, A berperan sebagai koordinator lapangan sekaligus provokator dalam aksi berujung kericuhan tersebut. Adapun sebelumnya, tiga orang telah diamankan dan ditahan oleh polisi. Akan tetapi, belum diketahui rinci identitas dari tiga tersangka itu.
"Dia sebagai korlap kemudian peran dalam kasus itu sebagai provokator," ucap dia.
"Untuk yang bersangkutan motifnya itu masih dalam pengembangan ya, kan kita baru menangkap dalam artian, menangkap dari penyerahan," pungkas dia.
Sebelumnya diberitakan, dalam aksi berujung ricuh pada Senin (12/7) itu tiga mobil polisi dilempari dan dirusak oleh massa aksi. Usai kejadian, polisi sempat mengamankan 31 orang yang terdiri dari 18 dewasa dan 13 anak-anak untuk dimintai keterangan. Kemudian, polisi menetapkan empat orang tersangka dalam kasus tersebut.
ADVERTISEMENT