News20 Juli 2020 10:04

Senin Pagi, Jumlah Penumpang KRL Capai 109.804 Orang

Konten Redaksi kumparan
Senin Pagi, Jumlah Penumpang KRL Capai 109.804 Orang (1113304)
Sejumlah calon penumpang KRL Commuter Line mengantre menuju pintu masuk Stasiun Bogor di Jawa Barat, Senin (8/6). Foto: Arif Firmansyah/ANTARA FOTO
Pemandangan antrean penumpang KRL setiap Senin pagi sudah tak asing lagi. Begitu juga dengan Senin (20/7) pagi yang terpantau antreannya ramai lancar di sejumlah stasiun.
ADVERTISEMENT
VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, mengungkapkan para pengguna KRL tetap tertib memasuki area stasiun meski antreannya cukup panjang.
"Situasi hingga pukul 08.00 WIB di stasiun padat pengguna antara lain di Cilebut, Bojonggede, dan Citayam juga telah terurai dari antrean," ujar Anne dalam keterangannya, Senin (10/7).
Senin Pagi, Jumlah Penumpang KRL Capai 109.804 Orang (1113305)
Antrean penumpang di Stasiun Bogor, Senin (27/6). Foto: PT KCI
Begitu juga kondisi serupa di Stasiun Bogor sesuai dengan pemantauannya langsung di lokasi. Untuk mengurai kepadatan, penumpang KRL juga memanfaatkan bus bantuan gratis yang disediakan pemerintah.
"Di Stasiun Bogor, hingga pukul 08.00 antrean pengguna berjalan tertib. Antrean berjalan lancar dengan posisi puncak di selasar pedestrian Stasiun Bogor, namun selepas pukul 07.30 antrean hanya ada setelah pengguna masuk gate stasiun sebelum menuju ke peron," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Data Penumpang KRL
Senin Pagi, Jumlah Penumpang KRL Capai 109.804 Orang (1113306)
Sejumlah calon penumpang KRL Commuter Line antre hingga ke jalan raya di Stasiun Rangkasbitung, Lebak, Banten, Senin (8/6/2020). Foto: Muhammad Bagus Khoirunas/ANTARA FOTO
Hingga pukul 08.00 WIB, PT KCI mencatat sudah 109.804 penumpang menaiki KRL di seluruh stasiun. Jumlah ini meningkat di hari yang sama pekan lalu.
"Jumlah ini meningkat 3% dibanding waktu yang sama pada hari Senin 13 Juli lalu," ucap Anne.
Ia merincikan peningkatan volume penumpang terjadi di Stasiun Bojonggede (meningkat 5%), Bekasi (meningkat 7%), dan Depok Baru (meningkat 6%).
Untuk meminimalisir penyebaran virus corona, Anne mengingatkan penumpang untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Antara lain menggunakan masker, melakukan pengecekan suhu tubuh saat akan naik KRL, hingga menjaga jarak antarpenumpang.
"Kebersihan stasiun dan kereta juga rutin dijaga dengan pembersihan berkala selama beroperasi maupun seusai jam operasional layanan KRL," tutur Anne.
ADVERTISEMENT

Sosialisasi Pakai Pakaian Lengan Panjang Diperpanjang

Selain itu, PT KCI juga memutuskan memperpanjang masa sosialisasi wajib mengenakan pakaian lengan panjang atau jaket bagi pengguna KRL. Anne berharap penumpang dalam membiasakan diri terlebih dahulu dengan aturan ini.
"Sebagian besar pengguna juga telah menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket. Meskipun masa sosialisasi aturan ini masih diperpanjang untuk memberi waktu lebih bagi para pengguna KRL beradaptasi dengan ketentuan ini," tutup Anne.
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white