News
·
12 Juni 2021 2:25
·
waktu baca 2 menit

Seorang Remaja Palestina Tewas Ditembak Tentara Israel, 6 Lainnya Terluka

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Seorang Remaja Palestina Tewas Ditembak Tentara Israel, 6 Lainnya Terluka (21226)
Seniman di Irak Beri Dukungan ke Palestina Lewat Lukisan Foto: REUTERS/Essam Al-Sudani
Remaja Palestina, Mohammad Said Hamayel, tewas ditembak tentara Israel dalam bentrokan yang terjadi di wilayah Tepi Barat. Petugas medis dan Kementerian Kesehatan Palestina mengkonfirmasi kabar tersebut.
ADVERTISEMENT
"Mohammad Said Hamayel, 15, tewas dalam bentrokan dengan pasukan Israel di dekat Beita, Selatan Nablus," kata organisasi kemanusiaan, Bulan Sabit Merah Palestina, dikutip dari AFP, Sabtu (12/6).
Kementerian Kesehatan mengatakan enam orang lainnya terluka akibat tembakan langsung dari tentara Israel ini.
Sementara, dari pihak tentara Israel, mengeklaim bahwa ratusan warga Palestina telah melakukan kerusuhan, membakar ban, dan melemparkan batu serta kembang api ke tentara.
"Pasukan membalas dengan cara membubarkan kerusuhan dan menembak ke arah para perusuh," kata seorang juru bicara militer.
Seorang Remaja Palestina Tewas Ditembak Tentara Israel, 6 Lainnya Terluka (21227)
Ilustrasi Foto: REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa
Menurut kantor berita Palestina WAFA, bentrokan itu terjadi dalam protes terhadap pembangunan pemukiman Israel. Namun, tentara Israel meresponsnya dengan tembakan langsung dan gas air mata.
Kematian remaja itu terjadi sehari setelah tiga warga Palestina dibunuh oleh pasukan khusus Israel dalam misi menangkap tersangka yang diklaim oleh mereka sebagai 'teroris' di Tepi Barat.
ADVERTISEMENT
Kekerasan di Tepi Barat meningkat pada Mei, dengan sedikitnya 30 warga Palestina tewas dalam bentrokan dengan pasukan Israel.
Bentrokan ini terjadi di tengah gejolak di Yerusalem Timur yang dicaplok Israel yang menyebabkan perang 11 hari antara Israel dan militan Palestina di Gaza.
Desa-desa Tepi Barat sering mengelar demonstrasi menentang perampasan tanah, pembongkaran rumah dan pemukiman Israel, yang dianggap ilegal menurut hukum internasional.
Protes tak jarang menyebabkan bentrokan dengan tentara Israel. Sekitar 475.000 warga Israel tinggal di Tepi Barat, yang merupakan rumah bagi lebih dari 2,8 juta warga Palestina.