News9 Maret 2020 0:14

Serangan AS Tewaskan Komandan Al-Shabaab yang Kepalanya Dihargai 5 Juta USD

Konten Redaksi kumparan
Serangan AS Tewaskan Komandan Al-Shabaab yang Kepalanya Dihargai 5 Juta USD (738398)
Kelompok teroris Somalia, Al-Shabaab. Foto: AFP/ABDURASHID ABIKAR;
Komandan tempur kelompok teroris Al-Shabaab tewas dalam serangan udara yang dilakukan oleh pasukan udara Amerika Serikat. Ia tewas dalam serangan yang dilancarkan AS pada 22 Februari lalu di Distrik Sakow, Jubba, Somalia.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Reuters, Minggu (8/3), komandan tempur Al-Shabaab yang tewas bernama Bashir Mohamed Mahamoud. Dia merupakan komandan senior yang kepalanya dihargai 5 juta dollar.
"Pasukan AFRICOM dalam serangan udara menewaskan Bashir Mohamed, yang merupakan kepala operasi (Al-Shabaab) juga anggota eksekutif Al-Shabaab," kata sebuah laporan radio pemerintah Somalia dikutip Reuters.
AFRICOM merupakan pasukan tempur AS yang didirikan pada 2007 oleh Presiden Bush. Pasukan tempur diarahkan untuk membantu upaya Amerika Serikat mendorong perdamaian di Afrika.
Sementara komandan Al-Shabaab yang tewas, Mahamoud, diklaim bertanggungjawab dalam serangkaian serangan teror yang dilakukan kelompok Al-Shabaab kepada pangkalan militer Somalia. Namun belum diricikan lebih jauh serangan apa saja hingga kepala dia dihargai 5 juta dollar.
Menteri Informasi Somalia Mohamed Abdi Hayir Mareye, menolak berkomentar terkait tewasnya komandan tempur berharga 5 juta dollar itu. Begitu juga dengan kelompok Al-Shabaab yang belum memberikan komentar.
ADVERTISEMENT
Kelompok Al-Shabaab sendiri sejak 2008 terus berupaya untuk menggulingkan pemerintahan Somalia. Mereka ingin membangun negara sendiri dengan berlandaskan hukum ketat syariah Islam.
Terbaru, pada Sabtu 28 Desember 2019 kelompok Al-Shabaab melancarkan aksi teror di hotel di Kota Mogadishu, Somalia, melalui bom mobil. Dalam penyerangan itu, 90 orang dinyatakan tewas.
Al-Shabaab sendiri sudah beberapa kali menyerang Mogadishu. Teror terparah terjadi pada Oktober 2017, saat sebuah truk pembawa bom meledak di kota itu dan menyebabkan 512 orang tewas serta 259 terluka.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white