kumparan
1 November 2019 11:33

Sertijab Kapolri dari Tito ke Idham Azis Dilaksanakan Rabu 6 November

PTR, Sidang Paripurna penetapan Kapolri, Komjen Pol Idham Azis
Calon Kapolri Komjen Idham Azis usai sidang paripurna di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Jenderal Idham Azis resmi menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Dalam Negeri, Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta Pusat.
ADVERTISEMENT
Idham Azis mengatakan, ia akan melanjutkan program-program yang telah dijalankan kepemimpinan sebelumnya. Begitu juga 7 program prioritas yang diungkapkannya pada fit and proper test bersama Komisi III.
Rencananya, setelah ini, diadakan sertijab posisi Kapolri dari Tito ke dirinya.
"(Program-program) secara cepat nanti akan saya tindaklanjuti setelah saya serah terima dengan Bapak Mendagri, yang rencananya dilaksanakan hari Rabu, tanggal 6 November," ucap Idham usai pelantikan di Istana Negara, Jumat (1/11).
Idham Azis, uji kepatutan dan kelayakan Kapolri
Komjen Pol Idham Azis mengikuti uji kepatutan dan kelayakan Kapolri di ruang rapat Komisi III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Ia mengucapkan syukur atas tugas barunya. Idham berjanji akan menjalankan amanat yang telah diberikan kepadanya dengan sebaik-baiknya.
"Saya akan meningkatkan dan melanjutkan pemantapan kerja sama bersama dengan TNI, bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban masyarakat di seluruh Indonesia," katanya.
Infografik Idham Azis
Infografik Kapolri Idham Azis. Foto: Antara Foto/Wahyu Putro A dan Hod Susanto/kumparan
Idham Azis dilantik usai menjalankan fit and proper test bersama Komisi III DPR pada Rabu (30/10). Ia ditetapkan secara aklamasi, dan disahkan oleh DPR dalam rapat paripurna yang dilaksanakan sehari setelahnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan