News
·
16 Agustus 2020 19:15

Setelah Berdamai, Saluran Telepon UEA-Israel Dibuka

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Setelah Berdamai, Saluran Telepon UEA-Israel Dibuka (35565)
Foto kolase bendera Israel dan Uni Emirat Arab (UAE). Foto: Shutter Stock
Saluran telepon antara Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel telah resmi dibuka pada hari Minggu (16/8), seiring dengan hubungan kedua negara yang membaik.
ADVERTISEMENT
Mengutip Reuters, menteri luar negeri kedua negara melakukan panggilan telepon untuk meresmikan pembukaan saluran telepon tersebut. Hal ini disampaikan pejabat Israel dan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri UEA, Hend al-Otaiba di akun Twitternya.
Sebelum normalisasi sambungan telepon antara kedua negara tidak berfungsi.
Jurnalis Reuters sudah mencoba melakukan panggilan telepon dari UAE ke Israel. Selain itu situs berita Israel yang sebelumnya diblokir di UEA juga dapat dilihat di koneksi internet UEA mulai Minggu.
Setelah Berdamai, Saluran Telepon UEA-Israel Dibuka (35566)
Foto kolase Putra Mahkota Abu Dhabi Mohamed bin Zayed dan Pedana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Foto: KARIM SAHIB / AFP & REUTERS/Gali Tibbon
Israel dan UEA pada hari Kamis (14/8) mengumumkan kesepakatan normalisasi hubungan diplomatik antara kedua negara.
"Banyak peluang ekonomi sekarang akan terbuka, dan langkah-langkah membangun kepercayaan ini penting untuk memajukan kepentingan negara," kata Menteri Komunikasi Israel Yoaz Hendel di Twitter.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, dua operator telekomunikasi utama UEA yakni Du dan Etisalat belum memberikan komentar terkait informasi ini.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)