kumparan
11 April 2019 16:58

Sidang Ahmad Dhani Ditunda karena Jaksa Belum Siapkan Tuntutan

Terdakwa kasus dugaan pencemaran nama baik, Ahmad Dhani (kanan) mendengarkan keterangan saksi ahli. Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim
Sidang pembacaan tuntutan terdakwa ujaran 'idiot' Ahmad Dhani Prasetyo di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (11/3), ditunda. Pengacara Ahmad Dhani, Aldwin Rahadian Megantara, mengatakan penundaan itu karena jaksa belum menyiapkan materi tuntutan.
ADVERTISEMENT
"Kita hari ini ikuti saja ketidaksiapan jaksa untuk menyampaikan tuntutan, meminta waktu lebih dari seminggu ke depan. Apapun itu pertimbangannya, saya yakin, saya berharap bahwa jaksa ini berdasar pada fakta-fakta persidangan. Sehingga objektivitas nanti yang dilihat, sehingga penegakkan keadilannya bukan semata-mata ritual formil tuntutan," kata Aldwin usai persidangan.
Menurut Aldwin, penundaan pembacaan tuntutan itu terlalu lama. Pembacaan tuntutan itu dijadwalkan ulang pekan depan, Selasa (23/4).
"Sangat panjang mundur lagi seminggu. Saya berbaik sangka saja, mudah-mudahan jaksa mungkin banyak perdebatan, kita baik sangka berharap tuntutan seusai dengan fakta persidangan," ujarnya.
Keributan Sempat Terjadi Usai Sidang di PN Surabaya. Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan
Sementara itu, keributan sempat terjadi di dalam ruang persidangan usai pembacaan penundaan tuntutan. Lantaran, Ahmad Dhani hendak menghampiri awak media, namun dilarang oleh petugas keamanan dan jaksa.
ADVERTISEMENT
"Jangan ditarik, jangan ditarik, ini demokrasi, kasih dia bicara," teriak salah seorang kuasa hukum Dhani.
Terjadi tarik-menarik dan perdebatan antara jaksa dengan Ahmad Dhani beserta kuasa hukumnya. Namun, jaksa berkukuh tak memberikan waktu Dhani berbicara kepada awak media.
"Sudah puas fotonya?" tanya Dhani kepada awak media.
"Allahuakbar!" serunya sambil mengacungkan dua jari sebelum masuk ke mobil tahanan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan