kumparan
8 Desember 2018 11:58

Sikap Hormat Jan Ethes Saat Jokowi Nyanyi Indonesia Raya

Jan Ethes saat bersama keluarganya
Jan Ethes saat bersama keluarganya. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Ada yang menarik saat Presiden Joko Widodo mengajak anggota keluarga untuk menikmati udara segar di area Kebun Raya Bogor, Sabtu (8/12). Saat Jokowi selesai memberi makan rusa, cucunya Jan Ethes Srinarendra yang ada di dekatnya terlihat tersenyum dan sesekali berbicara.
ADVERTISEMENT
Kemudian salah satu wartawan bertanya kepada Jan Ethes, lagu apa yang bisa dinyanyikannya. Namun, Jan Ethes hanya terdiam mendengar pertanyaan itu.
Ayah Jan Ethes, Gibran Rakabuming menjawab kalau anaknya bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya. Saat diminta menyanyikan Jan Ethes, hanya diam. Lalu Jokowi secara spontan menyanyikan lagu Indonesia Raya.
"Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku," begitu salah satu bait yang dinyanyikan Jokowi.
Mendengar Jokowi menyanyikan lagu Indonesia Raya, Jan Ethes langsung bersikap hormat. Tangannya yang kanan langsung diletakkan di dekat pelipis.
Jan Ethes hormat, Presiden Jokowi nyanyi lagu Indonesia Raya
Jan Ethes hormat saat Presiden Jokowi nyanyi lagu Indonesia Raya. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Pada acara ini, putra bungsu Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo, Kaesang Pangarep, tidak bisa bergabung. Kaesang saat ini sedang berada di Makassar, Sulawesi Selatan.
"Kurang satu. Satu Ke Makassar subuh tadi. Ditahan enggak bisa, sibuk. Iya kerjaan," kata Jokowi di Bayu Rini, Istana Bogor, Kompleks Istana Kepresidenan, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan