News
·
14 Juli 2020 9:53

Sinarmas Tanggapi Sengketa Warisan Rp 600 T Eka Tjipta di PN Jakpus

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sinarmas Tanggapi Sengketa Warisan Rp 600 T Eka Tjipta di PN Jakpus (295889)
Pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja Foto: Facebook/Eka Tjipta Widjaja
Sinarmas merespons gugatan yang diajukan Freddy Widjaja di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) pada 16 Juni.
ADVERTISEMENT
Dalam gugatannya, Freddy mempersoalkan harta warisan pendiri Sinarmas, Eka Tjipta Widjaja, yang sudah meninggal dunia setahun lalu. Nominal harta warisan Eka Tjipta yang dipersoalkan yakni senilai Rp 600 triliun lebih.
Managing Director Sinarmas, G. Sulistiyanto, mengatakan Freddy merupakan anak di luar kawin dari Lidia Herawaty Rusli.
"Bahwa yang bersangkutan telah mendapatkan hak bagiannya sebagai penerima wasiat sesuai dengan surat wasiat dari Bapak Eka Tjipta Widjaja," ucap Sulistiyanto dalam keterangannya, Selasa (14/7).
Sinarmas Tanggapi Sengketa Warisan Rp 600 T Eka Tjipta di PN Jakpus (295890)
Eka Tjipta Widjaja Foto: Dok. Orento
Sulistiyanto menambahkan, gugatan Freddy tidak ada hubungannya dengan almarhum Eka Tjipta. Sebab Freddy tidak memiliki saham di perusahaan-perusahaan yang dipersoalkan di pengadilan.
"Sehingga gugatannya tidak mempunyai dasar hukum. Jadi pada dasarnya Sinar Mas tidak ada sangkut pautnya dalam persoalan keluarga Bapak Eka Tjipta Widjaja dalam kasus gugatan ini," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya dilansir situs PN Jakpus, gugatan itu tercatat dengan nomor perkara 301/Pdt.G/2020/PN Jkt.Pst. Sebagai penggugat, ialah Freddy Widjaja yang memberi kuasa hukum kepada Yasrizal.
Sebagai pihak tergugat ada lima orang. Mereka ialah Indra Widjaja alias Oei Pheng Lian, Teguh Ganda Widjaja alias Oei Tjie Goan, Muktar Widjaja alias Oei Siong Lian, Djafar Widjaja alias Oei Piak Lian, dan Franky Oesman Widjaja alias Oei Jong Nian.
Sinarmas Tanggapi Sengketa Warisan Rp 600 T Eka Tjipta di PN Jakpus (295891)
Ilustrasi meja pengadilan. Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Terdapat 7 poin permohonan yang diajukan Freddy Widjaja. Salah satunya, meminta hakim menetapkan ia dan kelima pihak tergugat sebagai ahli waris yang sah dari almarhum Eka Tjipta Widjaja.
Selain itu Freddy juga menuntut kelima tergugat untuk membagi harta warisan sesuai dengan hukum perdata. Ada 12 aset yang diminta kepada hakim untuk ditetapkan sebagai harta waris. Nilai asetnya hingga lebih dari Rp 600 triliun.
ADVERTISEMENT
***