kumparan
27 Apr 2018 10:54 WIB

Sisi Lain Pertemuan Kim Jong Un dan Presiden Moon

Pertemuan Kim Jong-un dan Moon Jae-in. (Foto: Korea Summit Press Pool/Pool via Reuters)
Pertemuan bersejarah itu akhirnya terjadi. Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bersalaman, bergandengan tangan dan berdiskusi soal masa depan. Kim Jong-un menjadi pemimpin pertama Korut yang memasuki Korsel sejak berakhirnya Perang Korea pada 1953.
ADVERTISEMENT
Banyak cerita menarik yang terjadi, terutama dari sisi-sisi lain yang tak tampak di lokasi. Dalam artikel ini, kumparan akan menghimpun hal-hal tersebut agar Anda semakin mudah mengikuti peristiwa yang terjadi di Desa Panmunjom, dekat garis demarkasi yang dikenal dengan nama Zona Demiliterisasi (DMZ) itu.
Berikut beberapa ceritanya:
  • Bawa Toilet Sendiri. Kim Jong-un dilaporkan datang ke pertemuan tersebut dengan membawa toilet sendiri. Hal ini diberitakan oleh media Amerika Serikat Washington Post berdasarkan pernyataan salah seorang mantan pengawal Kim Jong-Un, Lee Yun-keol.
Pertemuan Kim Jong-un dan Moon Jae-in. (Foto: Reuters Tv)
  • Rombongan Militer. Delegasi yang mengikuti Kim Jong Un ke Korea Selatan terdiri dari sanak keluarga dan para petinggi Militer Korea Utara. Daftar lengkap soal profil mereka bisa Anda lihat di thread ini.
ADVERTISEMENT
  • Ucapan dari Amerika Serikat. Amerika Serikat menyampaikan pernyataan soal pertemuan ini. Mereka berharap bisa tercapai sebuah suasana damai di masa depan. Berikut pernyataan lengkapnya:

We wish the Korean people well. We are hopeful that talks will achieve progress to were a future of peace and prosperity for the entire Korean Peninsula. The US appreciates the close coordination with our ally, the Republic of Korea and looks forward to continuing robust discussions in preparation for the planned meeting between President Donald J. Trump and Kim Jong Un in the coming weeks.

- Gedung Putih

  • Pesan Kim Jong Un. Reuters melaporkan, Kim Jong-un menulis pesan di buku tamu yang berisi: "sejarah baru dimulai sekarang, titik awal dari sebuah era perdamaian".
ADVERTISEMENT
  • Oleh-oleh Mi dari Utara. Kim Jong-un membawa oleh-oleh menarik dari Korea Utara. "Saya membawa mi dingin dari Pyongyang, semoga Presiden (Moon) Anda bisa menikmati mi Pyongyang".
  • Warga Korut Tak Bisa Nonton. Saat seluruh dunia menyaksikan peristiwa bersejarah ini, warga Korea Utara malah tak bisa menyaksikan hal tersebut dari televisi. Hal ini terungkap dari salah seorang blogger yang tinggal di Korut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan