kumparan
News25 Februari 2020 17:32

Sitti Hikmawatty Disidang Etik KPAI soal Kolam Renang

Konten Redaksi kumparan
Ketua KPAI, Susanto, Konferensi Pers Kasus Anak di Bidang Pendidikan
Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto saat konferensi pers tentang KPAI di awal 2019 mencatat banyaknya kasus-kasus anak di bidang pendidikan, Jakarta, Jumat (15/2/2019). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Pernyataan salah satu komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Sitti Hikmawatty, soal bercampurnya pria dan wanita di kolam renang bisa bikin hamil berbuntut panjang.
ADVERTISEMENT
Meski Sitti telah meminta maaf dan menyatakan itu merupakan pernyataan pribadinya, hal itu tidak membuat polemik kolam renang berakhir.
Terbaru, KPAI memutuskan untuk menyelidiki adanya dugaan pelanggaran etik dalam pernyataan yang disampaikan oleh Sitti. Bahkan, KPAI sudah membentuk Dewan Etik untuk mengusut pernyataan Sitti.
"Menindaklanjuti hal tersebut KPAI telah melakukan rapat pleno hari Senin, 24 Februari. Rapat pleno memutuskan membentuk Dewan Etik yang beranggotakan tiga orang," kata Ketua KPAI Susanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (25/2).
Pisah Sambut Hakim MK, I Dewa Gede Palguna
Mantan hakim MK I Dewa Gede Palguna memberikan pidato dalam acara Pisah Sambut Hakim MK di Aula Gedung Mahkamah Konstitusi, Selasa (7/1). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Tiga orang yang ditunjuk sebagai Dewan Etik yakni mantan hakim Mahkamah Konstitusi, I Dewa Gede Palguna; Stanley Adi Prasetyo , mantan pimpinan Komnas HAM; dan mantan Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ernanti Wahyurini.
ADVERTISEMENT
"Dewan etik akan melaksanakan tugas selama satu bulan dan dapat diperpanjang jika dipandang perlu," jelas Susanto.
Komisioner KPAI, Sitti Hikmawatti
Komisioner KPAI, Sitti Hikmawatti. Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan
Susanto mengatakan hasil pemeriksaan Dewan Etik itu akan dilaporkan sebelum KPAI mengambil keputusan terhadap Sitti.
"Mengklarifikasi, mendalami dan merekomendasikan kepada KPAI. Terkait proses ini, KPAI segera akan melaporkan kepada Bapak Presiden dan Pimpinan DPR RI," jelas dia.
Lebih jauh, Susanto mengatakan terkait kemungkinan pencopotan Sitti Hikmawatty sebagai komisioner KPAI, hal itu sudah merupakan ranah Dewan Etik. KPAI menegaskan pernyataan Sitti soal kolam renang itu tidak mewakili KPAI.
"Perlu kami sampaikan bahwa apa yang disampaikan Ibu Sitti Hikmawatty merupakan sikap pribadi dan bukan sikap KPAI secara kelembagaan," tutup Susanto.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan