News
·
9 April 2021 19:36

Sopir Truk di Bogor yang Dicegat Remaja Buat Menumpang Dijerat Pasal Tabrak Lari

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sopir Truk di Bogor yang Dicegat Remaja Buat Menumpang Dijerat Pasal Tabrak Lari (587031)
Ilustrasi menyetir truk. Foto: Shutter Stock
Seorang sopir truk yang dicegat oleh sejumlah remaja di Jalan Alternatif Sentul, Desa Cijujung, Sukaraja, Bogor, pada Selasa (6/4), dijerat Pasal 231 ayat 1 UU 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
ADVERTISEMENT
Dalam insiden tersebut, seorang remaja berusia lima belas tahun meninggal di tempat saat mencoba mencegat untuk menghentikan laju truk tersebut. Bocah tersebut berniat untuk menumpang kendaraan itu.
Kanit Laka Lantas Polres Bogor, Ipda Angga Nugraha, mengatakan pihaknya masih memburu sopir truk tersebut yang melarikan diri.
"Sopir masih kami buru. Sementara kami kenakan Pasal 231 ayat 1 UU LAJ, karena tidak ada laporan. Namun saat ini kami sedang menyelidiki kasus tersebut," ujar Angga, Jumat (9/4).
Angga mengatakan, dalam UU tersebut dijelaskan kewajiban pengendara yang terlibat kecelakaan:
a. menghentikan kendaraan yang dikemudikannya.
b. memberikan pertolongan kepada korban.
c. melaporkan kecelakaan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia terdekat, dan
d. memberikan keterangan yang terkait dengan kejadian
ADVERTISEMENT
kecelakaan.
Undang-undang tersebut disebutkan bahwa setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang terlibat Kecelakaan Lalu Lintas dan dengan sengaja tidak menghentikan kendaraannya, tidak memberikan pertolongan, atau tidak melaporkan Kecelakaan Lalu Lintas kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia terdekat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 231 ayat (1) huruf a, huruf b, dan huruf c tanpa alasan yang patut dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun atau denda paling banyak Rp 75 .000.000.
Sebelumnya, sebuah video yang menunjukkan sejumlah remaja mencegat truk di jalanan Bogor viral di media sosial. Dalam video itu, terlihat beberapa remaja lari ke tengah jalan dan berusaha menghentikan truk yang tengah melaju.
Di rekaman itu, sejumlah remaja itu mencoba menghalang-halangi truk yang tengah melaju agar berhenti. Namun nahas, truk yang dicegat mendadak itu tidak bisa berhenti dan akhirnya menggilas satu remaja yang berada di depan truk hingga meninggal dunia di lokasi kejadian.
ADVERTISEMENT
***
Saksikan video menarik di bawah ini.