News
·
16 Januari 2020 22:57

Komplotan Spesialis Rumah Kosong di Sunter Tertangkap Basah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Komplotan Spesialis Rumah Kosong di Sunter Tertangkap Basah (70799)
Ilustrasi Pencuri Masuk Dari Jendela Foto: Abil Achmad Akbar/kumparan
Komplotan spesialis pencurian rumah kosong di Sunter, Jakarta Utara, tertangkap basah saat beraksi. Dari tiga pelaku polisi berhasil mengamankan satu tersangka bernama Buhaqi.
ADVERTISEMENT
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan peristiwa itu terjadi pada Rabu (15/1) sekitar pukul 11.00 WIB. Pelaku memang sengaja mengincar rumah yang sedang ditinggal penghuninya.
Saat itu, aksi pelaku dilihat salah satu tetangga korban. Ia pun lalu melaporkan kejadian tersebut kepada korban.
Yusri mengatakan, korban pun langsung memerintahkan satpam dan sopirnya untuk memeriksa rumahnya.
"Saat datang ditemukan gembok dalam keadaan rusak, dan pagar terkunci dari dalam. Kemudian satpam mencoba masuk ke dalam rumah dengan cara menaiki tembok samping," kata Yusri dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/1).
Komplotan Spesialis Rumah Kosong di Sunter Tertangkap Basah (70800)
Ilustrasi tersangka kejahatan Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Tahu aksinya terbongkar, Buhaqi dkk berusaha melarikan diri. Warga pun meneriaki mereka hingga tertangkap oleh petugas polisi yang sedang patroli.
"Teriakan tersebut terdengar oleh anggota opsnal unit 3 yang sedang berada di sekitar lokasi. Kemudian mengamankan tersangka atas nama Buhaqi sementara dua tersangka lainnya berhasil melarikan diri," kata Yusri. Dua pelaku yang kini masih buron adalah Sugi dan Muhari.
ADVERTISEMENT
Buhaqi merupakan eksekutor pencurian, Muhari berperan mencari target rumah dan menyiapkan peralatan. Sementara, kata dia, Sugi berperan membantu eksekutor untuk melakukan pencurian.
Dalam penangkapan itu polisi mengamankan sejumlah barang bukti alat perkakas yang digunakan komplotan pencurian tersebut. Polisi kini memburu dua pelaku yang masih buron.