News
·
7 Juli 2018 19:22

Steffy Burase, Teman Dekat Irwandi Yusuf, Dicegah KPK ke Luar Negeri

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Steffy Burase, Teman Dekat Irwandi Yusuf, Dicegah KPK ke Luar Negeri (141660)
Steffy burase. (Foto: Instagram @ steffyburase)
KPK mencegah staf khusus event Aceh Marathon 2018, Fenny Steffy Burase ke luar negeri. Steffy diduga memiliki hubungan dekat dengan Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf yang menjadi tersangka dalam kasus korupsi Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018.
ADVERTISEMENT
Selain Steffy, KPK juga mencegah tiga orang lainnya untuk pergi ke luar negeri. Mereka adalah Nizarli, Rizal Aswandi, dan Teuku Fadhilatul Amri. Pencegahan tersebut berlaku selama enam bulan terhitung sejak Jumat (6/7).
"Pihak-pihak tersebut perlu dicegah ke luar negeri, agar saat dibutuhkan keterangannya dapat dilakukan pemeriksaan," jelas juru bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangannya, Sabtu (7/7).
Steffy Burase, Teman Dekat Irwandi Yusuf, Dicegah KPK ke Luar Negeri (141661)
Febri Diansyah, Juru Bicara KPK. (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Nama Steffy mencuat ke publik, menyusul ditangkapnya Irwandi dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Steffy diisukan memiliki hubungan khusus dengan Irwandi.
Bahkan, Steffy dilibatkan dalam struktur kepanitiaan event Aceh Marathon 2018 yang berlangsung di Pulau Weh Sabang 29 Juli mendatang. Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Aceh, Darmansyah, mengatakan, Steffy dipakai sebagai tenaga ahli lantaran selain berprofesi model, ia juga seorang atlet pelari Internasional 42 kilometer.
Steffy Burase, Teman Dekat Irwandi Yusuf, Dicegah KPK ke Luar Negeri (141662)
Steffy Burase. (Foto: ‏ Twitter @Melizawati_BSP)
Saat ini, keberadaan Steffy tak diketahui. Terakhir Steffy sempat mengikuti rapat bersama dalam membahas pelaksaan kegiatan Aceh Marathon, Selasa (3/7).
ADVERTISEMENT
Pelaksanaan Aceh Marathon diduga menggunakan sebagaian uang suap Rp 500 juta dari Bupati Bener Meriah, Ahmadi kepada Irwandi. Penyerahan uang itu diduga dilakukan melalui dua orang bernama Syaiful Bahri dan Hendri Yuzal.
Steffy Burase, Teman Dekat Irwandi Yusuf, Dicegah KPK ke Luar Negeri (141663)
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf resmi ditahan KPK (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Ahmadi diduga memberikan uang itu sebagai ijon proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh Tahun Anggaran 2018.
Namun kemudian praktik rasuah ini terungkap dari OTT yang dilakukan oleh KPK pada Selasa (4/7) malam. Dalam OTT itu, KPK mengamankan sekitar 9 orang, termasuk Ahmadi dan Irwandi. Selain itu, KPK juga menyita sejumlah bukti berupa uang senilai Rp 50 juta, bukti transaksi perbankan, serta catatan proyek.
KPK kemudian menetapkan 4 orang sebagai tersangka. Irwandi bersama Syaiful Bahri dan Hendri Yuzal ditetapkan sebagai pihak yang diduga menerima suap. Sementara Ahmadi ditetapkan sebagai pihak yang diduga memberikan suap.
ADVERTISEMENT