News
·
24 September 2020 13:35

Suami Bupati Bogor Meninggal Dunia Akibat Kanker Paru-paru

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Suami Bupati Bogor Meninggal Dunia Akibat Kanker Paru-paru (213673)
Bupati Bogor Ade Yasin bersama suaminya Yanwar Permadi. Foto: Instagram/@ademunawarohyasin
Suami Bupati Bogor Ade Yasin, Yanwar Permadi, meninggal dunia di RSUD Ciawi pada Kamis (24/9) dini hari sekitar pukul 01.40 WIB. Yanwar meninggal pada usia 53 tahun akibat penyakit kanker yang dideritanya selama dua tahun.
ADVERTISEMENT
"Beliau sudah sakit dua tahun, sakit kanker paru-paru, kemudian perawatan sudah satu tahun setengah di China, kalau tidak salah sudah enam kali almarhum ke China untuk berobat," kata Zaenul Mutaqin, juru bicara keluarga, di lokasi pemakaman di TMP Pondok Rajeg, Bogor, Kamis (24/9).
"Dan seharusnya bulan Febuari itu beliau ke sana lagi, jadwal periksa dan pengobatan. Tetapi karena waktu itu China sudah lockdown bulan Febuari itu jadi tidak bisa sampai sekarang," lanjut Zaenul. Zaenul mengatakan sudah hampir 8 bulan Yanwar tak ke China karena pandemi virus corona. Itu sebabnya, kanker yang ada di tubuh Yanwar semakin parah.
Suami Bupati Bogor Meninggal Dunia Akibat Kanker Paru-paru (213674)
Bupati Bogor Ade Yasin bersama suaminya Yanwar Permadi. Foto: Instagram/@ademunawarohyasin
"Sudah hampir 8 bulan tidak ke Guangzhou dan di situlah kemudian kanker menyebar ke seluruh tubuh. Padahal terakhir almarhum ke Guangzhou itu profesor yang menangani di sana itu sudah menyatakan hampir clear, sekitar 5 persen sembuh. Justru ketika beliau tidak ke sana lagi, beliau tidak bisa ke sana karena COVID-19, di situlah kemudian kanker itu menyerang kembali sampai akhirnya beliau sudah tidak tahan lagi," kata Zaenul.
ADVERTISEMENT
Di TMP Pondok Rajeg, suasana pemakaman berlangsung hikmat. Ratusan pelayat berdatangan ke lokasi dengan mengikuti protokol kesehatan.
Tampak hadir pejabat Wakil Bupati Bogor Iwan setiawan, Wali Kota Bogor Bima Arya, dan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim.
Prosesi pemakaman berjalan secara militer dengan letusan senjata yang dipimpin langsung Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy.
Sebelum dimakamkan, almarhum disalatkan di Masjid Baitul Faizin Kompleks Pemda Bogor.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)