News
·
26 Februari 2021 17:24

Sudah Ada Aturannya, Kapan Vaksinasi Mandiri Dimulai?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sudah Ada Aturannya, Kapan Vaksinasi Mandiri Dimulai? (57199)
Jubir vaksinasi perwakilan Kemenkes, dr. Siti Nadia. Foto: Satgas COVID-19
Aturan soal vaksinasi mandiri atau vaksinasi gotong royong sudah terbit, yakni Peraturan Menteri Kesehatan No. 10 tahun 2021. Lalu kapan program vaksinasi corona gratis untuk karyawan ini dimulai?
ADVERTISEMENT
"Vaksinasi gotong royong akan berjalan tentunya jika sudah tersedia vaksinnya dan pengadaan vaksin gotong royong jadi ranah KemenBUMN dan Bio Farma," kata jubir vaksinasi corona Kemenkes dr Siti Nadia Tarmidzi dalam jumpa pers virtual, Jumat (26/2).
Kata dia, jenis vaksin yang digunakan dalam program ini tentunya harus mendapatkan emergency use authorization (EUA) dari BPOM. Dan harus sesuai juga dengan ketentuan dan peraturan perundangan.
"Untuk pendistribusian dilakukan kepada faskes milik swasta yang bekerja sama dengan badan hukum atau badan usaha pelaksana vaksinasi gotong royong ini," jelasnya.
Ia menambahkan, Bio Farma dalam pendistribusian vaksin mandiri dapat bekerja sama dengan pihak ketiga atau swasta. Adapun jumlah vaksin yang didistribusikan harus sesuai dengan kebutuhan vaksin yang telah dihitung atau dimintakan badan hukum atau badan usaha.
ADVERTISEMENT
Kemenkes juga menegaskan program ini tidak akan bertabrakan dan mengganggu program vaksinasi gratis yang sampai saat ini masih berjalan. Jenis vaksin yang digunakan pun berbeda.
"Kami tegaskan kembali jenis vaksin yang akan digunakan berbeda dengan jenis vaksin yang akan digunakan dalam vaksinasi program pemerintah, yaitu vaksin Sinovac, AstraZeneca, Novavax dan Pfizer," kata Nadia.