News
·
24 April 2021 0:45

Sultan Brunei dan PM Kamboja Tiba di RI, Siap Hadiri KTT Bahas Krisis Myanmar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sultan Brunei dan PM Kamboja Tiba di RI, Siap Hadiri KTT Bahas Krisis Myanmar (124482)
searchPerbesar
Kedatangan Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Jumat (23/4). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Para pemimpin ASEAN terus tiba di Indonesia untuk menghadiri KTT yang membahas krisis Myanmar pada Sabtu (24/4).
ADVERTISEMENT
Pemimpin Brunei Darussalam sekaligus Ketua ASEAN, Sultan Hassanal Bolkiah, dan PM Kamboja, Hun Sen, sudah tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat (23/4) sore.
Berdasarkan rilis Sekretariat Presiden, Sultan Hassanal Bolkiah tiba sekitar pukul 16.54 WIB. Sedangkan PM Hun Sen tiba pada pukul 17.27 WIB.
Sultan Brunei dan PM Kamboja Tiba di RI, Siap Hadiri KTT Bahas Krisis Myanmar (124483)
searchPerbesar
Suasana di Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta pada Selasa (20/4/2021) menjelang KTT ASEAN. Foto: Bay Ismoyo/AFP
Sultan Hassanal Bolkiah datang ke RI didampingi putranya, Mateen Bolkiah dan disambut Menteri Luar Negeri II Brunei Darussalam, Dato Seri Setia Haji Erywan.
Sultan Hassanal Bolkiah kemudian langsung menuju rangkaian kendaraan yang sudah disiapkan dan menuju hotel untuk mempersiapkan kegiatan selanjutnya. Begitu pula yang dilakukan PM Hun Sen.
Sultan Brunei dan PM Kamboja Tiba di RI, Siap Hadiri KTT Bahas Krisis Myanmar (124484)
searchPerbesar
PM Kamboja Hun Sen Foto: AFP/Thang Chhin Sothy
KTT ASEAN akan digelar di Gedung Sekretariat ASEAN, Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan. KTT secara khusus membahas upaya untuk membantu Myanmar keluar dari krisis. Krisis terjadi karena kudeta militer terhadap Aung San Suu Kyi pada awal Februari 2021.
ADVERTISEMENT
Kudeta memicu pertumpahan darah di Myanmar. Kekerasan yang dilakukan aparat Myanmar mengakibatkan 700 lebih warga sipil tewas. Otak kudeta Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing, dikabarkan datang pada KTT tersebut.