kumparan
search-gray
News24 Februari 2020 13:41

Survei Median: Prabowo dan Anies Calon Terkuat di Pilpres 2024

Konten Redaksi kumparan
Survei Median: Prabowo dan Anies Calon Terkuat di Pilpres 2024 (104413)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) memberikan potongan tumpeng kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di HUT ke-12 Partai Gerindra. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Lembaga survei Median merilis hasil survei nasional terkait popularitas dan elektabilitas nama-nama sejumlah tokoh yang berpotensi maju dalam Pilpres 2024. Hasilnya, yang terkuat secara elektabilitas adalah Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.
ADVERTISEMENT
Ada 23 nama yang diuji popularitas dan elektabilitasnya. Mulai dari Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Prabowo Subianto, hingga Tito Karnavian.
“Ini adalah elektabilitas tertutup dari 23 tokoh. Jadi kalau pemilu dilakukan saat ini, maka yang menang adalah Prabowo Subianto. Yang kedua Anies Baswedan, kemudian Sandiaga Uno,” ujar peneliti Median Rico Marbun saat memaparkan hasil survei di Warunk Upnormal, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (24/2).
Hasil survei menyebutkan Prabowo mendapatkan elektabilitas sebesar 18,8 persen. Lalu, Anies Baswedan 15,8 persen dan disusul dengan Sandiaga Uno 9,6 persen.
Ketiga nama tersebut mengalahkan tokoh-tokoh politik lain seperti AHY (8,3 persen), Ridwan Kamil (5,7 persen), Ganjar Pranowo (5,5 persen), Khofifah Indar Parawansa (5,4 persen), dan Tri Rismaharini (3,3).
Survei Median: Prabowo dan Anies Calon Terkuat di Pilpres 2024 (104414)
Peneliti Median Rico Marbun (kanan) saat memaparkan hasil survei di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (24/2). Foto: Darin Atiandina/kumparan
Rico menilai dari hasil survei tersebut, dapat disimpulkan bahwa Pemilu 2024 merupakan ajang pertarungan antara mantan capres-cawapres dengan gubernur-wakil gubernur.
ADVERTISEMENT
Selain elektabilitas, Median juga melakukan survei untuk mengetahui popularitas 23 tokoh tersebut. Hasilnya, Prabowo tetap jadi tokoh yang paling dikenal oleh publik.
Namun, Anies Baswedan turun jadi posisi nomor 3 karena dikalahkan oleh Sandiaga Uno.
“Dari 23 tokoh, Prabowo Subianto mendapatkan 93,6 persen, Sandi 83,9 persen, Anies Baswedan 78,6 persen, AHY 67,9 persen, Puan Maharani 55,4 persen,” kata Rico.
“Lalu Mahfud MD 53,6 persen, Ridwan Kamil 51,6 persen, Khofifah 47,2 persen,” ujar Rico.
Survei melibatkan sebanyak 1.200 responden yang tersebar dari 33 provinsi di Indonesia. Responden dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling.
Survei dilakukan pada pekan pertama hingga kedua Februari. Survei memiliki margin of error sebesar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white