News
·
19 Maret 2019 12:04

Survei PoliticaWave: Ma'ruf Amin Menang Telak atas Sandiaga di Medsos

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Survei PoliticaWave: Ma'ruf Amin Menang Telak atas Sandiaga di Medsos (76)
Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
PoliticaWave melakukan survei media sosial terkait duel Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno saat Debat Cawapres 2019. Hasilnya, cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin jauh lebih unggul ketimbang Sandiaga Uno.
ADVERTISEMENT
"Secara keseluruhan, Pak Ma'ruf Amin mendominasi percakapan netizen di media sosial dengan perbandingan 58,26 persen berbanding 41,74 persen dari Sandiaga Uno," kata Head of Analytics PoliticaWave Nadia Shabilla dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (19/3).
Survei PoliticaWave dilakukan dengan pengamatan media sosial selama proses Debat Cawapres di Hotel Sultan, Minggu (17/3), berlangsung. Dalam percakapan publik di media sosial, PoliticaWave juga menganalisa sentimen komentar positif dan negatif soal kedua cawapres.
Menurut Nadia, Ma'ruf Amin meraih persentase sentimen positif positif sebesar 98 persen dengan sentimen negatif 2 persen. Sedangkan Sandiaga meraup sentimen positif 79 persen berbanding 21 persen sentimen negatif.
Survei PoliticaWave: Ma'ruf Amin Menang Telak atas Sandiaga di Medsos (77)
Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin (kiri) berjabat tangan dengan Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno (kanan) saat mengikuti Debat Ketiga Calon Wakil Presiden (Cawapres) Pemilu 2019 di Hotel Sultan, Minggu, (17/3). Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Nadia menambahkan, Ma'ruf Amin menguasai seluruh enam segmen Debat Cawapres yang dipandu Alfito Deannova Gintings dan Putri Ayuningtyas sebagai moderator itu.
ADVERTISEMENT
"Dari hasil analisa di atas dapat disimpulkan bahwa KH Ma'ruf unggul pada semua segmen Debat Cawapres. Hal ini dikarenakan sosok KH Ma'ruf yang dianggap mampu menjelaskan semua permasalahan materi debat ditambah pembawaan yang tenang selama acara berlangsung," jelasnya.
Debat Cawapres kemarin menjadikan pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan sebagai tema. Selanjutnya, debat akan kembali dilakukan di Balai Sudirman pada Sabtu (30/3) dengan tema ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional yang melibatkan Jokowi dan Prabowo Subianto.