News
·
9 Maret 2021 17:10

Tak Ada RT di Bandung yang Zona Merah Usai Terapkan PPKM Skala Mikro

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tak Ada RT di Bandung yang Zona Merah Usai Terapkan PPKM Skala Mikro (608425)
Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya memastikan tak ada wilayah di tingkat rukun tetangga (RT) dengan status zona merah. Ulung sebagai bagian dari Satgas COVID-19 Bandung menilai tak ada RT yang zona merah karena dampak dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM secara mikro.
ADVERTISEMENT
"PPKM mikro di Kota Bandung mengalami penurunan yang tadinya zona merah di kelurahan itu ada tiga RT, sekarang nihil," kata dia di Polrestabes Bandung, Selasa (9/3).
Sementara itu, menurut Ulung, RT dengan status zona oranye yang mulanya berjumlah 72 menjadi hanya dua. Kemudian, RT dengan status zona kuning yang mulanya 1.068 menjadi 766. Dengan demikian, RT di wilayah di Kota Bandung zona risikonya menurun.
"Alhamdulillah masing-masing di setiap Kelurahan sudah bisa menekan dengan pelaksanaan 3T-nya karena memang petugas di PPKM itu mengutamakan dari 3T itu sendiri," ucap dia.
Tak Ada RT di Bandung yang Zona Merah Usai Terapkan PPKM Skala Mikro (608426)
Petugas mengambil sampe swab kepada pengunjung saat razia PPKM di Simpang Dago, Bandung, Jawa Barat, Minggu (7/2). Foto: Dok. Istimewa
Dengan adanya penurunan status itu, RT dengan status zona hijau di Kota Bandung dipastikan bertambah dari yang semula berjumlah 8.730 menjadi 9.178. Adapun status zona risiko Kota Bandung secara umum berada di zona oranye.
ADVERTISEMENT
"Kita lihat sekarang RT itu lebih banyak ke zona hijau dan kuning, cuma kalau disatukan Kota Bandung ini mengarah ke oranye," ujar dia.