kumparan
25 Januari 2020 15:57

Tangani Virus Corona, China Periksa Seluruh Penumpang Transportasi

Virus Corona, Pasar Makanan Laut Huanan, POTRAIT
Tim Tanggap Darurat Hygiene Wuhan melakukan identifikasi di Pasar Makanan Laut Haunan lokasi terdeksi Virus Corona di Wuhan, Hubei, China. Foto: AFP/NOEL CELIS
Pemerintah China akan memeriksa seluruh penumpang kereta, pesawat, kapal laut, dan bus. Tindakan itu dilakukan sebagai langkah memberantas virus corona.
ADVERTISEMENT
Perintah inspeksi dikeluarkan langsung oleh Komisi Kesehatan Nasional China. Nantinya, jika ada penumpang yang diduga terjangkit corona, akan langsung dikarantina.
"Seluruh moda transportasi harus secara ketat memberlakukan langkah pencegahan dan pengendalian termasuk pemeriksaan di bandara, stasiun kereta, stasiun bus, dan pelabuhan," kata pernyataan Komisi Kesehatan Nasional seperti dikutip dari AFP, Sabtu (25/1).
Virus Corona, Pasar Makanan Laut Huanan
Petugas keamanan berjaga di sekitar Pasar Makanan Laut Huanan lokasi terdeksi Virus Corona di Wuhan, Hubei, China. Foto: AFP/HECTOR RETAMAL
Mereka menyatakan, pemeriksaan berlaku di semua rute transportasi, termasuk saat pemeriksaan bea cukai dan imigrasi.
"Semua staf yang melakukan inspeksi diwajibkan mengenakan masker," tambah Komisi Kesehatan Nasional.
Di samping itu, Komisi Kesehatan Nasional meminta seluruh lembaga maupun otoritas di China untuk segera merumuskan rencana tanggap darurat. Salah satunya soal pelatihan staf medis.
Virus Corona, Pasar Makanan Laut Huanan
Tim Tanggap Darurat Hygiene Wuhan meninggalkan lokasi Pasar Makanan Laut Haunan lokasi terdeksi Virus Corona di Wuhan, Hubei, China. Foto: AFP/NOEL CELIS
Hingga Jumat (24/1) wabah corona menewaskan 41 orang Sedangkan hampir 1.300 orang terjangkit virus tersebut.
ADVERTISEMENT
Pemerintah China juga sudah mengerahkan 450 staf medis militer di kota Wuhan untuk membantu memberantas virus corona. Wuhan pusat penyebaran virus corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan