News
·
29 Juni 2020 8:21

Tentang CFD yang Tetap Ramai Meski Tak Dihelat di Sudirman-Thamrin

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tentang CFD yang Tetap Ramai Meski Tak Dihelat di Sudirman-Thamrin  (28581)
Warga mengayuh sepedanya saat melintas di kawasan bundarah Hotel Indonesia Jakarta, Minggu (28/6). Foto: Nova Wahyudi/ANTARA FOTO
Pemprov DKI Jakarta memindahkan acara Hari Bebas Kendaraan Bermotor, atau Car Free Day (CFD) di beberapa lokasi di Jakarta. Setidaknya, ada 32 titik di Jakarta yang digunakan sebagai lokasi CFD.
ADVERTISEMENT
Meski tidak bertempat di lokasi seperti biasanya, antusias masyarakat ibukota untuk berolahraga di pagi hari cukup tinggi. Dikutip dari akun Twitter @infocarfreeday_ , aktivitas olahraga masyarakat bisa dilihat di beberapa titik.
Salah satu titik terletak di Jalan Puri Lingkar Dalam, Jakarta Barat. Warga memanfaatkan jalanan yang lengang untuk joging atau bersepeda.
@infocarfreeday_ memperbolehkan kumparan mengutip unggahannya.
Tampak pula, satu komunitas ibu-ibu yang bersenam di kawasan Puri Lingkar Dalam. Tampak mereka semua mengenakan masker dan berupaya menjaga jarak aman.
Selain itu ada sejumlah lokasi CFD di Jakarta yang ramai dikunjungi warga. Berikut kumparan rangkum:
Tentang CFD yang Tetap Ramai Meski Tak Dihelat di Sudirman-Thamrin  (28582)
Car Free Day di Kawasan Danau Sunter, Jakarta Utara. Foto: Instagram/@sudinhubju
Dishub Bubarkan Warga yang Nongkrong di CFD Danau Sunter
Sementara di CFD Jalan Danau Sunter Selatan, Jakarta Utara antusias warga juga cukup ramai. Warga ada yang bersepeda, lari, jalan santai, hingga sekadar nongkrong di jalan. Petugas Dishub Jakut pun berjaga di lokasi. Mereka yang sekadar nongkrong-nongkrong di sekitar Danau Sunter diminta pulang.
Tentang CFD yang Tetap Ramai Meski Tak Dihelat di Sudirman-Thamrin  (28583)
Car Free Day di Kawasan Danau Sunter, Jakarta Utara. Foto: Instagram/@sudinhubju
"Yang tidak berolahraga silakan pulang ke rumah. Yang berolahraga silakan tapi yang duduk-duduk jangan," imbau petugas Dishub Jakut, seperti dilihat di video di akun Instagram Sudinhubju, Minggu (28/6).
ADVERTISEMENT
Dishub pun mengimbau masyarakat yang berolahraga tetap memakai masker dan jaga jarak untuk pencegahan corona.
"Tidak boleh berkerumun untuk pencegahan penularan COVID-19."
CFD di Kawasan BKT Ramai, Warga Tonton Kali 'Bersalju'
Gumpalan busa berwarna putih muncul di kawasan Banjir Kanal Timur (BKT), Duren Sawit, Jaktim, pada Minggu (28/6) pagi. Fenomena itu menarik perhatian warga yang meramaikan kegiatan CFD di kawasan tersebut.
Tentang CFD yang Tetap Ramai Meski Tak Dihelat di Sudirman-Thamrin  (28584)
Permukaan aliran Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) terkontaminasi gumpalan busa putih serupa salju, Minggu (28/6/2020). Foto: Andi Firdaus/ANTARA
Sejumlah warga antusias melihat gumpalan busa tersebut dari pinggir area BKT. Mereka ada yang berfoto dan membuat video dari jembatan pintu air serta bantaran yang berdekatan dengan posisi busa.
Salah satu pengunjung, Rahma (30), mengatakan, gumpalan tersebut mirip dengan salju.
"Mirip-mirip salju sih. Sepertinya ini limbah. Tapi unik sih kalau difoto, sekilas seperti salju," ujar Rahma (30) seperti dikutip dari Antara, Minggu (28/7).
ADVERTISEMENT
Warga Menikmati CFD di Jalan Layang Antasari
Salah satu lokasi yang dapat dimanfaatkan warga untuk berolahraga di CFD adalah Jalan Layang Non Tol Antasari, Jakarta Selatan.
Tentang CFD yang Tetap Ramai Meski Tak Dihelat di Sudirman-Thamrin  (28585)
Warga berolah raga saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO
Tentang CFD yang Tetap Ramai Meski Tak Dihelat di Sudirman-Thamrin  (28586)
Warga berolah raga saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO
Pesepeda Ramaikan Sudirman-Thamrin Meski CFD Dilarang
Meski dilarang, sejumlah warga Jakarta terlihat tetap datang ke kawasan jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (28/6) untuk berolahraga.
Warga berolahraga sepeda meski CFD ditiadakan untuk menghindari kerumunan demi mencegah penyebaran COVID-19.
Tentang CFD yang Tetap Ramai Meski Tak Dihelat di Sudirman-Thamrin  (28587)
Warga bersepeda di kawasan bundarah Hotel Indonesia Jakarta, Minggu (28/6). Foto: Nova Wahyudi/ANTARA FOTO
Sebelumnya, CFD kembali dibuka pekan lalu, Minggu (21/6), setelah ditutup selama PSBB. Namun, ternyata pengunjung CFD membeludak.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.