kumparan
15 Feb 2019 14:30 WIB

Teriakan "Prabowo Presiden" Terdengar di Masjid Kauman Semarang

Suasana di depan Masjid Kauman Semarang jelang kedatangan Prabowo Subianto. Foto: Afiati Tsalitsati/kumparan
Sulit rasanya membendung simpatisan jika melihat calon presiden pilihannya ada di depan mata. Hal itulah yang terjadi kala capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, datang salat Jumat di Masjid Agung Kauman, Semarang, Jumat (15/2).
ADVERTISEMENT
Prabowo yang menempati saf paling depan itu, langsung dikerubungi pendukungnya usai salat rampung. Prabowo langsung bergegas untuk keluar dengan pengawalan.
Sempat terdengar teriakan, "Prabowo Presiden", dari sejumlah jemaah. Teriakan itu kemudian langsung dikendalikan oleh pengawalnya Prabowo memberi isyarat supaya berhenti. Semakin lama massa yang mengiringi semakin banyak.
"Prabowo, Prabowo," teriak sejumlah simpatisan.
Sejumlah warga berpose di depan mobil Prabowo di Masjid Kauman, Semarang. Foto: Afiati Tsalitsati/kumparan
Teriakan sejumlah orang dari saf belakang di dalam masjid itu pun disambut isyarat oleh sejumlah kader Gerindra yang ikut mengawal Prabowo. Mereka berupaya menenangkan pendukung untuk tidak teriak di dalam masjid.
Namun, sejurus kemudian teriakan nama berganti dengan takbir. "Presiden!" teriak pendukung lain tak mengindahkan isyarat diam.
Prabowo diam seribu bahasa dan langsung menuju mobil melalui pintu samping. Sementara itu, di luar masjid, tak sedikit simpatisan yang mengejar Prabowo dan mengacungkan salam 2 jari. Mereka tak peduli hujan deras mengguyur Kota Lumpia demi bertemu sang capres idolanya.
ADVERTISEMENT
Sejumlah massa simpatisan memadati seputaran masjid. Secara umum, tidak terlihat satupun simpatisan maupun kader yang datang menggunakan seragam maupun atribut partai.
Namun, beberapa di antara mereka datang menggunakan kendaraan bergambar Prabowo-Sandi. Adapula yang mengenakan kaos bergambar partai Gerindra dan foto Prabowo-Sandi yang dirangkap baju koko.
Prabowo Subianto (tengah) salat di Masjid Kauman, Semarang, Jumat (15/2). Foto: Dok. Istimewa
Awak media yang juga menanti serta mengambil gambar, beberapa kali mendapati sejumlah simpatisan tengah berpose dan berfoto dengan mengacungkan salam 2 jari di depan kendaraan yang ditumpangi Prabowo.
Prabowo datang sekitar pukul 11.50 WIB ke Masjid Kauman, tepat usai adzan pertama dikumandangkan. Namun, kedatangannya yang dinantikan para pendukung di depan masjid, rupanya tak dipedulikan olehnya. Dia memilih masuk lewat pintu samping belakang tepatnya sebelah barat masjid.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan