kumparan
9 Oktober 2019 15:16

Terjebak 2 Jam, Pekerja yang Tertimbun Tanggul di Sleman Dievakuasi

Sungai Mbanongan, RSUD Sleman, DI Yogyakarta tertimbun longsor tanggul setinggi 3 meter
Evakuasi pekerja yang menjadi korban proyek penguatan tanggul Sungai Mbanongan, RSUD Sleman, DI Yogyakarta tertimbun longsor tanggul setinggi 3 meter. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Dua pekerja proyek penguatan tanggul Sungai Mbanongan, RSUD Sleman, DI Yogyakarta tertimbun longsor tanggul setinggi 3 meter. Saat ini kedua korban telah dievakuasi dengan selamat.
ADVERTISEMENT
Satu korban bernama Suradal (61) berhasil dievakuasi dengan cepat, sementara korban lainnya, Swito Budi Santosa (46), baru bisa berhasil dievakuasi dua jam kemudian.
Anggota SAR DIY, Kurniawan Adi Wibowo, mengatakan peristiwa longsor itu terjadi pukul 10.30 WIB, Rabu (9/10). Tim gabungan yang terdiri dari SAR DIY, Basarnas, TRC BPBD, kepolisian, dan lain sebagainya langsung ke lokasi untuk mengevakuasi korban. Posisi korban yang tertimbun bebatuan sempat menyulitkan evakuasi.
"Sebenarnya kendala posisi kaki miring bawah itu, sini batu, jadi tumit terkancing batu. Paling ujung silang itu garan (gagang) pacul. Itu seandainya kita tarik akan patah (kakinya). Setelah evaluasi kita harus glogroke (diruntuhkan batunya) dengan risiko batu besar turun semuanya," jelasnya di lokasi.
ADVERTISEMENT
"Kita hancurin yang timur ke selatan setelah rongga dibuka kaki bisa digeser sehingga tidak terganggu garan pacul dan tumit ini kita langsung angkat," imbuh Kurniawan.
Petugas mengevakuasi korban tertimbun talud yang ambrol di samping RSUD Sleman, DI Yogyakarta
Petugas mengevakuasi korban tertimbun talud yang ambrol di samping RSUD Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (9/10). Foto: Arfiansyah Panji Purnadaru/kumparan
Sempat terjebak dua jam, korban Santoso masih dalam keadaan sadar. Selama evakuasi berlangsung petugas juga sempat mengobrol dengan korban. Menurutnya, korban mengalami retak tangan dan kaki sebelah kiri.
"Yang (korban) kedua memang kakinya kejepit setengah badan, kita bersihin dari atas dan batu gede sisi selatan timur utara riskan runtuh. Tangan kemungkinan retak, itu saya cek tangan retak dan ada pergeseran siku. Kaki kiri terjepit. Kaki kiri kemungkinan patah karena pembengkakan besar sekali sampai betis bengkak sekali," tuturnya.
Sungai Mbanongan, RSUD Sleman, DI Yogyakarta tertimbun longsor tanggul setinggi 3 meter
Evakuasi pekerja yang menjadi korban proyek penguatan tanggul Sungai Mbanongan, RSUD Sleman, DI Yogyakarta tertimbun longsor tanggul setinggi 3 meter. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Sementara itu, Wahyu Jabrik (22), rekan korban, mengatakan, ada enam pekerja yang berada di bawah sungai. Tiga pekerja membuat anyaman besi dan tiga lainnya termasuk dirinya membuat gorong-gorong. Saat kejadian Wahyu mengaku tengah membeli rokok.
ADVERTISEMENT
"Saya dengar teriak-teriak ternyata dua teman saya kena longsor," katanya.
Saat ini, kedua korban tengah dirawat di RSUD Sleman. Korban Santoso ditandu dari tempat kejadian perkara dan segera mendapat perawatan intensif di rumah sakit.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan