kumparan
24 Januari 2020 10:28

Tiga Turis Asing di Bali Dicurigai Terjangkit Virus Corona

 PTR,  virus corona, Kota Wuhan, China diisolasi
Suasana di dalam mall kota Wuhan, China yang terisolasi akibat virus corona. Foto: AFP/HECTOR RETAMAL
Tiga turis asing di Bali dicurigai terjangkit virus Corona asal China pekan lalu. Tiga turis asing itu telah diobservasi di RSUP Sanglah.
ADVERTISEMENT
“Sudah ada tiga pasien yang dibawa ke RSUP Sanglah kemarin, masih suspect (dicurigai) belum dinyatakan secara pasti,” kata Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Sanglah dr I Ketut Sudartana kepada wartawan, Jumat (24/1).
Dia mengatakan, salah satu pasien merupakan asal Meksiko. Turis ini baru saja melakukan perjalanan dari China, Filipina, Jakarta, dan Bali. Dua turis lainnya adalah saudara kandung asal China dengan rentang usia antara 5 sampai 6 tahun yang dirujuk dari RS BIMC Bali.
Virus Corona dari China
Ilustrasi virus corona. Foto: kumparan
Hasil pemeriksaan para turis ini telah dikirim ke Jakarta untuk memastikan terjangkit atau tidak virus Corona.
“Untuk mendiagnosa perlu melakukan pemeriksaan swap yang dikirim ke Jakarta tapi belum ada hasilnya, sementara kita awas sebagai observasi dulu,” kata dia.
ADVERTISEMENT
Para turis yang dicurigai terjangkit virus Corona ini juga telah diberikan obat penurun panas dan batuk. Kini, kondisi pasien tengah membaik dengan suhu tubuh sekitar 37 derajat Celcius.
Dia juga mengimbau para wisatawan yang merasa kesehatan tidak baik agar segera berkunjung ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Infografis Virus Corona
Infografis Virus Corona. Foto: Masayu Antarnusa/kumparan
“Bagi wisatawan segera datang ke layanan-layanan kesehatan yang ada di Bali, bisa ke puskesmas atau RS swasta,” kata dia.
Sudartana mengatakan, RSUP Sanglah juga telah siap menerima pasien yang dicurigai terjangkit virus Corona. Ada sekitar lima ruangan isolasi yang digunakan bagi pasien.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan