kumparan
News18 Februari 2020 14:09

Tiga WNI di Kapal Diamond Princess Positif Virus Corona

Konten Redaksi kumparan
PTR- Kapal Diamond Princess
Kapal Diamond Princess yang bersandar di Daikoku Pier Cruise Terminal di Yokohama, selatan Tokyo, Jepang. Foto: REUTERS/Issei Kato
Tiga orang warga negara Indonesia di kapal pesiar Diamond Princess dinyatakan positif virus corona. Mereka kini telah mendapatkan perawatan di rumah sakit Jepang.
ADVERTISEMENT
Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di kantor Kemlu, Jakarta, Selasa (18/2). Dia mengatakan, informasi ini didapatkan usai berkomunikasi dengan Dubes Jepang untuk Indonesia.
"Diperoleh info bahwa tiga dari 78 kru dinyatakan confirm," kata Retno.
Serah terima ABK sandera Abu Sayyaf, Menlu Retno
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Total sudah ada 454 orang dari kapal tersebut yang positif virus corona. Ketiga WNI yang positif telah dibawa ke Rumah Sakit di Chiba, sekitar 70 kilometer dari Yokohama.
"Dari 3 WNI yang confirm itu dua di antaranya dibawa ke RS Chiba, satunya sedang proses ke RS, sehingga per detik ini saya belum dapat menyampaikan satu WNI dibawa ke RS mana," kata Retno.
"Tim KBRI sudah menuju ke Chiba untuk memastikan bahwa WNI kita dapat penanganan dan fasilitas di Jepang," lanjut Retno lagi.
Kapal Diamond Princess
Kapal Diamond Princess yang bersandar di Daikoku Pier Cruise Terminal di Yokohama, selatan Tokyo, Jepang. Foto: REUTERS/Issei Kato
Diamond Princess yang berpenumpang 3.700 orang menjalani karantina di pelabuhan Yokohama setelah penumpangnya yang turun di Hong Kong positif virus corona.
ADVERTISEMENT
Rencananya karantina akan berakhir pada 19 Februari. Mereka yang dinyatakan negatif setelah pemeriksaan terakhir boleh turun kapal pada 21 Februari mendatang. Sejauh ini sudah ada 454 penderita virus corona dari kapal tersebut.
Seluruh 78 WNI di dalamnya adalah anak buah kapal. Retno mengatakan, ada total 1.045 kru dari 56 negara di dalam Diamond Princess. Pihak Kemlu, kata Retno, telah menghubungi keluarga dari tiga WNI yang positif.
"KBRI juga terus melakukan komunikasi dengan para kru WNI yang masih ada di dalam kapal. Kemarin saya komunikasi per telepon dengan WNI yang ada di kapal tersebut," kata Retno.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan