kumparan
7 Juni 2017 14:20

Tim Beruang, Pemberantas Kejahatan Jalanan dalam Senyap

Tim Beruang Polda Kalteng
Tim Beruang Polda Kalteng. (Foto: Instagram @humaspoldakalteng)
Maraknya kejahatan jalanan di berbagai kota di Indonesia membuat kepolisian meningkatkan kewaspadaannya dengan membentuk tim khusus. Setelah Tim Jaguar dari Depok, Tim Prabu dari Bandung, beberapa tim khusus Polda se-Jakarta, kini muncul tim Beruang dari Kalimantan Tengah.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan informasi dari Humas Polda Kalteng, Tim Beruang merupakan bentukan dari Polres Sukamara. Inisiatifnya berawal dari Kapolres Sukamara AKBP Rade Mangaraja Sinambela.
Ia membentuk Tim CRT Beruang Polres Sukamara ini guna mendukung tugas-tugas kepolisian yakni memberantas premanisme, tindak pidana dan penanganan aksi-aksi kriminal bersenjata di jalanan. Yang meresahkan adalah aksi anak-anak muda bermotor yang membawa senjata tajam dan ingin berbuat onar.
Ada beberapa kriteria khusus untuk menjadi bagian dari Tim Beruang. Beberapa kriteria tersebut antara lain memiliki keahlian bela diri, menembak dan ketangkasan lapangan lainnya.
Dalam aksinya, Tim Berung jauh dari sorot lampu media. Dalam senyap mereka beraksi mengamankan pihak-pihak yang mencurigakan dan berpotensi melakukan tindak kriminal.
ADVERTISEMENT
Salah satu aksi mereka terjadi pada Selasa (6/6) sore. Tim CRT Beruang melaksanakan patroli di wilayah hukum Polres Sukamara ,di antaranya pusat perbelanjaan, pelabuhan, dan tempat-tempat yang biasanya digunakan para pemuda pemudi nongkrong untuk ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.
“Dengan terbentuknya Tim CRT Beruang ini yang sudah terlatih dan dilatih oleh anggota kepolisian yang profesional dalam bidangnya dan Tim Beruang harus siap setiap saat apabila dibutuhkan dalam penangan aksi –aksi kriminal," ungkap Kasat Reskrim AKP Saiful Bahri.
Loading Instagram...
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan