kumparan
10 Oktober 2018 17:16

Timor Leste Berikan Bantuan Rp 11,4 Miliar untuk Korban Gempa Palu

Dubes, Perdana Menteri Timor-Leste, bantuan, korban bencana gempa dan tsunami
Dubes bertemu Perdana Menteri Timor-Leste sampaikan bantuan untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Rabu (10/10/2018). (Foto: Dok. Kementerian Luar Negeri)
Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak memberikan bantuan untuk korban gempa di Palu dan beberapa wilayah di Sulawesi Tengah.
ADVERTISEMENT
Donasi bantuan disampaikan saat Dubes RI untuk Timor Leste Sahat Sitorus diminta bertemu PM Taur di kantornya di Dili, pada Rabu (10/10). Pada H+12 evakuasi bencana gempa dan tsunami dilakukan di Sulteng, BNPB mencatat sebanyak 2.045 jenazah berhasil dievakuasi.
Taur menyebut, ia menyampaikan bela sungkawa mendalam atas nama pemerintah dan warga Timor Leste terkait gempa dahsyat berkekuatan 7,4 magnitudo yang mengguncang Sulawesi Tengah Jumat (28/9).
Kondisi Kota Palu, Gempa Palu
Kondisi Kota Palu, Sulawesi Tengah dari udara. (Foto: Raga/kumparan)
Pada kesempatan itu, Taur menyampaikan keputusan Dewan Menteri Timor Leste untuk memberikan donasi sebesar USD 750 ribu atau setara Rp 11,4 miliar bagi para korban dan proses pemulihan pasca bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.
“Bantuan ini merupakan bentuk dari simpati terdalam dan solidaritas masyarakat Timor-Leste kepada masyarakat di Palu dan Donggala yang terkena dampak bencana gempa bumi dan tsunami beberapa waktu lalu,” sebut Taur dalam keterangan pers KBRI Dili, Rabu (10/10).
ADVERTISEMENT
Merespons simpati dan donasi dari Timor Leste, Sahat mengucapkan terima kasih mendalam atas kepedulian negara tersebut. Sebagai negara tetangga, Sahat menilai kedua negara harus terus bekerja sama di berbagai bidang, termasuk mitigasi bencana dan tsunami.
Sahat juga memastikan, KBRI Dili akan meneruskan bantuan dana kepada Kementerian Luar Negeri RI untuk diteruskan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan