kumparan
19 Januari 2019 14:47

Timses Jokowi Minta Pertanyaan Debat Disampaikan Langsung oleh Panelis

 Lena Maryana Mukti
Lena Maryana Mukti (Foto: Paulina Herasmaranindar/kumparan)
Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Lena Maryana Mukti mengatakan, sebaiknya pertanyaan debat pilpres berikutnya langsung disampaikan oleh panelis, bukan melalui moderator. Sebab, menurutnya, moderator tidak memiliki kapasitas untuk menyampaikan pertanyaan.
ADVERTISEMENT
“Karena yang bertanya pasti memahami betul apa yang ditanyakan, jangan moderator. Jiwa bertanya itu harus ada isinya, bukan sekedar membaca. Kemudian jawabannya juga menjadi kosong, karena orang yang menyusun pertanyaan dengan orang yang membaca itu sangat beda,” kata Lena dalam diskusi Perspektif Indonesia bertajuk ‘Debat, Sudah Hebat?’ di The Atjeh Connection, Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1).
Selain itu, Lena berharap, saat debat kedua nanti, panelis juga diberikan kesempatan untuk menggali lebih dalam jawaban paslon atas pertanyaan yang telah ditanyakan sebelumnya.
“Ketika dia (panelis) bertanya suatu isu, yang sebenernya masih ada waktu kemudian kontenstan sudah tuntas, panelis bisa mendalami lebih lanjut,” ujar politikus PPP itu.
Menurut Lena, terlibatnya panelis secara langsung dalam debat bisa berdampak positif bagi masyarakat, karena visi misi masing-masing paslon akan tereksplorasi dengan baik. Selain itu, lanjut Lena, tujuan debat untuk memberikan edukasi politik kepada publik akan tercapai.
ADVERTISEMENT
“Panelis itu bukan hanya panelis, tapi juga wakil dari masyarakat, yang harus bisa menguji sejauh mana pasangan itu (bisa) memimpin,” tutup Lena.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan