kumparan
21 Feb 2019 18:10 WIB

Timses Sebut Sandi Akan Santun ke Ma'ruf di Debat Ketiga

Juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Riza Patria. Foto: Lutfan Darmawan/kumparan
Debat pilpres ketiga akan digelar 17 Maret 2019 dan mempertemukan kedua cawapres, yaitu Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Ahmad Riza Patria, mengungkapkan Sandi akan tampil menyerang, namun tetap menghormati Ma'ruf yang merupakan seorang ulama.
ADVERTISEMENT
"Pak Sandi orang yang cerdas, yang pintar, praktisi yang berhasil dan sukses. Tapi, Pak Sandi orang yang sangat menghargai, dia nanti berdebat dengan Pak Kiai. Tapi dia santun, akan bijaksana, rendah hati, dia nyium tangan Pak Kiai saja 3 kali (saat debat pertama)," kata Riza usai diskusi 'Buntut Siasat Debat Kedua' di Cikini, Jakarta, Kamis (21/2).
"Artinya dia orang yang santun, sekali pun dia berhadapan dengan lawan politiknya, tapi tetap baik dan santun," imbuhnya.
Selain itu, Riza menyebut Sandi sudah sangat paham dengan topik-topik yang akan dibahas dalam debat pilpres ketiga, yaitu pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.
"Sandi kan mengerti betul ya. Dia sekolah, dia mengerti, dia berbaur, dia keliling Indonesia dalam dan luar negeri. Jadi dia tahu bagaimana mengimplementasikan Kementerian Sosial ke depan supaya lebih terarah," ujar Riza.
Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno bersalaman dengan calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin jelang debat pertama Pilpres 2019. Foto: Instagram/@sandiuno
Menurutnya, salah satu fokus yang akan banyak dibicarakan Sandi adalah terkait penciptaaan lapangan kerja, yang kerap digaungkan eks Wagub DKI itu saat bersafari politik.
ADVERTISEMENT
"Tepat guna, tepat sasaran, dan berdampak positif. Ujung masalahnya adalah lapangan ekonomi, yaitu pembukaan lapangan kerja," tutup Riza.
Meski akan melawan lawan yang lebih muda, Ma'ruf sebelumnya telah meminta Sandi untuk tidak sungkan saat debat. Ma'ruf menghormati sikap hormat Sandi, tetapi berdebat dengan ulama bukan berarti tidak menghormati ulama.
"Yang penting laksanakan dengan santun, sopan. Bukan hanya Pak Sandi ke saya, saya juga yang tua ke yang muda harus saling menghormati," kata Ma'ruf dalam keterangannya, Selasa (19/2).
Debat pilpres ketiga akan mempertemukan kedua cawapres saja. Sementara ini, KPU belum menentukan apakah ada perubahan format debat, dan baru akan dibahas dalam rapat pleno pekan depan.
Jadwal Debat Pilpres 2019. Foto: Nunki Pangaribuan/kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan