kumparan
search-gray
News24 April 2020 15:30

Tips Puasa di Tengah Pandemi Corona dari Wamenag: Kuatkan Iman, Minum Vitamin

Konten Redaksi kumparan
Tips Puasa di Tengah Pandemi Corona dari Wamenag: Kuatkan Iman, Minum Vitamin (96310)
Calon Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Umat muslim di seluruh dunia mulai hari ini menjalani hari pertama ibadah puasa bulan Ramadhan 2020. Namun, puasa tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dunia sedang menghadapi pandemi virus corona.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, umat muslim diminta tetap menjalani puasa meski dengan berbagai keterbatasan. Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi bahkan memiliki tips bagi kita agar ibadah puasa tetap lancar di tengah wabah COVID-19.
"Pertama, kita harus kuatkan iman kita ke Allah. Bahwa semua yang menimpa kita, yang terjadi diri kita tidak lepas dari takdir dan qada Allah. Merupakan ketentuan, ketetapan Allah," ungkap Zainut dalam wawancara eksklusif bersama kumparan, Jumat (24/4).
Tips Puasa di Tengah Pandemi Corona dari Wamenag: Kuatkan Iman, Minum Vitamin (96311)
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid. Foto: Ferry Fadhlurrahman/kumparan
Zainut mengingatkan kita agar harus menerima dengan sabar munculnya virus corona. Namun, jangan lupa untuk tetap meningkatkan keimanan dan mau berbenah diri.
Selain itu, ia juga mengingatkan agar selama bulan puasa ini umat muslim harus menjaga imunitasnya. Imbauannya ini demi menjaga diri masing-masing tertular virus corona. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan imunitas.
ADVERTISEMENT
"Menjaga imunitas kita dengan makan makanan yang sehat, halal. Dengan konsumsi vitamin untuk tingkatkan imunitas kita," ucap dia.
Ia pun mengingatkan agar tetap mengutamakan menjaga jarak (physical distancing) untuk menghindari tertular atau menularkan virus corona.
"Kita tidak boleh membuat orang lain celaka atau diri kita juga celaka." Zainut Tauhid
Umat muslim diminta terus berdoa kepada Allah SWT agar wabah virus corona dapat segera diangkat oleh-Nya.
"Kita mengaminkan berdoa ke Allah agar wabah virus corona ini segera diangkat Allah. Karena mungkin kekuatan doa itu yang bisa angkat virus corona ini, setelah ikhtiar-ikhtiar, kita berdoa, tawakal ke Allah," tutup Zainut.
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.