News
·
10 Agustus 2020 10:41

Tjahjo: Ada 5 Gubernur Buat Kebijakan Terukur untuk Investasi Pilpres 2024

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tjahjo: Ada 5 Gubernur Buat Kebijakan Terukur untuk Investasi Pilpres 2024 (111878)
Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo saat melakukan rapat perdana dengan Komisi II DPR RI. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Sejumlah tokoh yang akan bertarung untuk Pilpres 2024, sudah mulai ancang-ancang meraih simpati publik demi menggenjot elektabilitas. Menteri PANRB Tjahjo Kumolo blak-blakan menyebut ada 5 gubernur yang siap-siap menjadi capres atau cawapres.
ADVERTISEMENT
"Ada 5 gubernur yang sudah buat kebijakan, keputusan, statement terukur rapi untuk investasi capres atau cawapres," ucap Tjahjo Kumolo dalam Webinar soal Netralitas ASN di Pilkada yang digelar KemenPANRB, Senin (10/8).
Tjahjo mengungkap, kepala daerah yang ingin maju di Pilpres 2024 juga memanfaatkan momentum Pilkada di 270 daerah untuk mencari simpati.
"Gubernur bupati, wali kota akan manfaatkan momentum pilkada untuk investasi 2024."
Tjahjo tak mengungkap siapa 5 gubernur yang tadi disebut, maupun yang memanfaatkan Pilkada. Dia hanya menyebut tidak ada yang salah pejabat publik ingin maju di Pilpres. Namun, jangan sampai ambisi itu mempengaruhi tugasnya sebagai pejabat negara.
"Ya itu sah-sah saja, asal tidak mengganggu pengambilan keputusan, kebijakan yang sampai membuat Pak Presiden dalam rapat kabinet cukup tinggi mengingatkan saya dan teman-teman yang lain ambil kebijakan dalam keadaan kritis harus cepat," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Politikus senior PDIP itu mengingatkan visi Jokowi soal birokrasi yang melayani dengan cepat. Sehingga kepala daerah jangan terjebak dengan kepentingan lain selain pelayanan publik.
"Termasuk bagaimana kita buat manajemen ASN itu dengan baik," pungkasnya.