kumparan
News12 September 2019 16:25

Tjahjo: BJ Habibie Berpesan, Carilah Ilmu Setinggi-tingginya

Konten Redaksi kumparan
Mendagri Tjahjo Kumolo, pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata
Mendagri Tjahjo Kumolo usai mengikuti prosesi pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Kamis (12/9). Foto: Muhammad Darisman/kumparan
Prosesi pemakaman Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie, yang dipimpin Presiden Jokowi di TMP Kalibata telah selesai pukul 15.30 WIB, Kamis (12/9).
ADVERTISEMENT
Satu per satu pejabat yang turut menyaksikan pemakaman mulai meninggalkan lokasi. Mendagri Tjahjo Kumolo nampak keluar dari area pemakaman dengan mata sembab.
Ia merasa sangat kehilangan sosok panutan nan visioner. Sosok yang memberi pesan yang begitu ia ingat.
“Kita kehilangan seorang bapak, seorang panutan. Seorang teladan yang mulai mahasiswa sudah berpikir secara visioner jauh ke depan untuk membangun Indonesia yang maju,” ujar Tjahjo sebelum meninggalkan TMP Kalibata.
BJ Habibie Meninggal, Pemakaman BJ Habibie
Personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengusung peti jenazah almarhum Presiden Ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie menuju ke liang lahat. Foto: Nugroho Sejati/kumparan

“Pesan kepada saya carilah ilmu setinggi tingginya. Jangan mau diperbudak oleh ilmu, tapi kuasai ilmu itu dengan baik untuk kemaslahatan masyarakat dan bangsa."

- Tjahjo Kumolo

Dengan nada suara yang terdengar berat, ia ucapkan perpisahan untuk sang teknokrat. “Selamat jalan Pak Habibie,” ucapnya.
ADVERTISEMENT
Jenazah Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Sebagaimana keinginannya, ia dikubur di sebelah makam sang istri tercinta, Hasri Ainun Habibie.
BJ Habibie Meninggal, Pemakaman BJ Habibie
Upacara pemakaman Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie saat upacara pemakaman di TMP Kalibata. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan