kumparan
22 Maret 2019 17:25

TKN Belum Setuju Ryan Wiedaryanto-Kania Sutisnawinata Moderator Debat

Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Aria Bima
Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Aria Bima. Foto: Fadjar Hadi/kumparan
Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf belum menyetujui dua nama moderator debat pilpres keempat yang diusulkan KPU yaitu Ryan Wiedaryanto dan Kania Sutisnawinata. Untuk moderator debat keempat, TKN telah mengusulkan 4 nama kepada KPU untuk ditunjuk menjadi moderator.
ADVERTISEMENT
"Untuk hal yang menyangkut masalah moderator, dari lobi hari ini belum mengerucut ke 2 nama. Untuk usulan dari TKN 01 ada 4 nama yang nanti masih sebagai bahan rapat berikutnya," kata Direktur Program TKN Aria Bima di Kantor KPU Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/3).
"Yaitu Reza dari M-TEK, kemudian Kania Sutisnawinata dari Metro, kemudian Zulfikar dari M-TEK dan Mbak Avilia Manik dari Metro," lanjut Aria Bima.
TKN berpendapat seharusnya moderator debat pilpres tidak hanya ditunjuk berdasarkan rekam jejaknya. Moderator debat harus bisa saling melengkapi satu dan lainnya.
"Kami hanya melihat antara konfigurasi senior dan junior, kita pengin kayak Alfito sama Putri kemarin itu saling melengkapi. Kita ingin terus ada konfigurasi itu, ada senioritas ada juniornya juga yang lebih bisa membuat cair," katanya.
Gladi Bersih, Debat Pilpres Kedua, Hotel Sultan
Suasana gladi bersih persiapan debat Pilpres kedua di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Minggu (17/2). Foto: Rafyq Alkandy Ahmad Panjaitan/kumparan
Selain itu TKN meminta agar ke depan peran moderator tidak hanya sebatas mengatur jalannya lalu lintas debat. Moderator harus bisa membuat suasana debat menjadi lebih cair dan masyarakat paham dengan apa yang diucapkan oleh masing-masing paslon.
ADVERTISEMENT
"Harus bisa membuat suatu ruang publik itu diisi dengan perdebatan yang substansial karena itulah jalan untuk menjelaskan kepada rakyat," ujar politikus PDIP ini.
Lebih lanjut, TKN mengungkapkan kemungkinan siapa moderator debat keempat akan diputuskan pekan depan. Begitu juga dengan panelis debat.
Debat keempat akan diselenggarakan di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat. Debat itu akan mempertemukan capres 01 Joko Widodo dan capres 02 Prabowo Subianto. Adapun tema yang dibahas di debat keempat yakni ideologi, pemerintahan, pertahanan, keamanan, serta hubungan internasional.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan