kumparan
5 Juni 2018 11:55

TNI Akan Siapkan Alutsista untuk Amankan Mudik

Panglima TNI di Raker DPR RI Komisi I
Panglima TNI di Raker DPR RI Komisi I (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
TNI menyiapkan sejumlah alat utama sistem pertahanan (alutsista) pada arus mudik lebaran ini. Persiapan alutsista ini selain mencegah aksi terorisme dan memberikan rasa aman kepada pemudik, juga untuk melancarkan perjalanan masyarakat yang sedang mudik.
ADVERTISEMENT
"Kedua pengamanan arus mudik dan balik di sepanjang jalan yang dilalui masyarakat. Termasuk pengamanan di bandara dalam hal ini TNI dan Polri mendukung sehingga pelaksanaan kegiatan penerbangan bisa berjalan dengan baik. Kemudian membantu kelancaran di pelabuhan, kita bekerjasama dengan dishub laut dan darat," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dalam video conference bersama Kapolri di Mabes Polri, Selasa (5/6).
Selain itu kata Hadi, TNI dan Polri juga akan menggelar pos-pos terpadu di rest area. Pos-pos ini untuk memantau kelancaran lalu lintas di sepanjang jalan yang dilalui pemudik.
Alutsista yang Akan Ditampilkan di HUT TNI ke-72
Alutsista yang Akan Ditampilkan di HUT TNI ke-72 (Foto: Twitter @Puspen_TNI)
"TNI-Polri juga menggelar di pos-pos terpadu di rest area lainnya. Rencana selanjutnya, apabila terjadi kecelakaan. Akibat kegagalan transportasi darat udara dan air, kemudian mencegah bencana alam. TNI akan mempersiapkan alutsista mulai dari helikopter yang nantinya berkoordinasi dengan Basarnas. Kemudian menyiagakan kapal perang untuk membantu kelancaran arus mudik," lanjut Hadi.
ADVERTISEMENT
Hadi juga mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan personel untuk mengamankan beberapa objek vital seperti bandara, pelabuhan, stasiun.
"Untuk itu personel yang dilibatkan bersama Polri. Kita tidak menginginkan kegagalan transportasi udara dan laut seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk TNI-Polri menyiagakan, kita akan siap siagakan," jelasnya.
"Termasuk bantuan personel ke Angkasa Pura, mengamankan jalan-jalan masuk ke bandara sehingga kegiatan operasi bandara dapat berjalan dengan baik," tutup Hadi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan