News
·
2 Maret 2021 15:04

TNI Vaksinasi 1.695 Prajurit di Solo Sebelum Turun Jadi Petugas Tracer COVID-19

Konten ini diproduksi oleh kumparan
TNI Vaksinasi 1.695 Prajurit di Solo Sebelum Turun Jadi Petugas Tracer COVID-19 (337375)
Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letnan Jendral TNI Ganip Warsito pantau kegiatan vaksinasi 1.695 prajurit TNI di Solo. Foto: Dok. Puspen TNI
Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito menyampaikan sebanyak 1.695 prajurit TNI akan menjalani tugas sebagai petugas tracer COVID-19. Mereka terdiri dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) di wilayah Kodam IV/Diponegoro dan Bintara Pembina Potensi Dirgantara (Babinpotdirga) yang bertugas di Depohar 50 Lanud Adi Sumarmo.
ADVERTISEMENT
Namun, sebelum menjalankan tugas sebagai tracer untuk melacak kontak erat kasus positif COVID-19, mereka terlebih dahulu menjalani vaksinasi corona. Sehingga, diharapkan para prajurit TNI ini bisa tetap sehat dan aman dari penularan corona, sesuai arahan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.
"Tercatat yang menerima vaksin sebanyak 1.695 orang prajurit TNI," ujar Ganip usai melakukan peninjauan, Selasa (2/3).
Ganip menyebut, prajurit TNI yang diberi prioritas pemberian vaksin corona saat ini adalah aparat Babinsa, Babinpotmar dan Babinpotdirga. Mereka jadi prioritas karena dalam tugasnya akan membantu pemerintah desa dan Dinas Kesehatan di daerah, terutama mensukseskan program 3T selama pelaksanaan PPKM skala mikro.
TNI Vaksinasi 1.695 Prajurit di Solo Sebelum Turun Jadi Petugas Tracer COVID-19 (337376)
Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letnan Jendral TNI Ganip Warsito pantau kegiatan vaksinasi 1.695 prajurit TNI di Solo. Foto: Dok. Puspen TNI
Terlebih, ia menilai Babinsa memang sejak awal sudah diproyeksikan akan menjadi petugas tracer untuk melacak lebih dini kasus-kasus positif COVID-19 di masyarakat.
ADVERTISEMENT
"Dengan dilaksanakannya vaksinasi kepada Babinsa, Babinpotmar dan Babinpotdirga diharapkan dapat membantu pemerintah daerah, Dinas Kesehatan daerah, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Kemudian Babinsa juga sebagai tracer untuk melacak penyebaran Covid-19 di wilayahnya," jelas Ganip.
Pada kesempatan tersebut, Ganip turut menyampaikan terima kasih kepada Kemenkes, Dinas Kesehatan Pemkab Karang Anyar, Lanud Adi Soemarmo, Depohar 50, Kesdam IV/Diponegoro dan Korem 074/Warastratama Surakarta yang telah mendukung sepenuhnya pelaksanaan vaksinasi.
TNI Vaksinasi 1.695 Prajurit di Solo Sebelum Turun Jadi Petugas Tracer COVID-19 (337377)
Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letnan Jendral TNI Ganip Warsito pantau kegiatan vaksinasi 1.695 prajurit TNI di Solo. Foto: Dok. Puspen TNI
"Sebagaimana kita ketahui bahwa sekarang ini sedang memasuki tahap kedua dari program vaksinasi nasional. Di mana tahap kedua vaksin diprioritaskan diberikan kepada para pejabat pelayanan publik. termasuk di dalamnya adalah TNI, Polri, kementerian dan lembaga terkait," tutur Ganip.
"Pelaksanaan serbuan vaksinasi ini bukan hanya di sini tetapi juga di tempat-tempat lain di faskes-faskes TNI atau yang ada di seluruh jajaran TNI," tutupnya.
ADVERTISEMENT
Turut hadir pada acara tersebut antara lain Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si., Kapuskes TNI Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., MARS., M.H., Mayjen TNI (Purn) dr. Ben Yura Rimba, MARS., Wakapuspen TNI Laksma TNI Tedjo Sukmono, S.H., CHRMP., Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Agus Sulistyo dan Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rano Tilaar.