kumparan
15 Desember 2019 6:01

Tol Layang Jakarta-Cikampek Mulai Dibuka

Tol layang Jakarta-Cikampek
Suasana jalan Tol layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) di Bekasi, Jawa Barat. Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Japek Elevated II, resmi dibuka untuk pengguna jalan hari ini Minggu (15/12) pukul 06.00 WIB. Untuk sementara waktu jalan tol ini akan digratiskan untuk pengguna jalan.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa akses jalan yang bisa dilalui untuk bisa masuk ke jalur Tol Layang Jakarta-Cikampek ini.
Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru, mengatakan untuk pengguna jalan yang akan mengarah ke Cikampek bisa melalui jalan tol Dalam Kota dari arah Halim/Cawang dan masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek II.
“Untuk arah Cikampek, pengguna jalan dapat melalui Jalan Tol Dalam Kota dari arah Halim atau Cawang dan masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) melalui akses di Km 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah,” kata Heru, Sabtu (14/12).
Proyek Tol Layang Cikampek
Proyek Tol Layang Cikampek. Foto: Masayu Antarnusa/kumparan
Lalu untuk pengguna Jalan Tol JORR dari arah Jatiasih, bisa masuk melalui akses Km 45 Jalan Tol JORR. Sedangkan untuk pengguna jalan dari arah Rorotan, masuk di akses Km 46 Jalan Tol JORR.
ADVERTISEMENT
Bagi pengendara yang menuju arah Jakarta dapat masuk di Karawang Barat melalui akses Km 48 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah.
Selanjutnya, bisa keluar di Simpang Susun Cikunir Km 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah arah Halim/Cawang, keluar ke Jalan Tol JORR arah Jatiasih dengan membayar tarif di Gerbang Tol (GT) Cikunir.
"Atau keluar ke Jalan Tol JORR arah Rorotan dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di GT Cikunir 8,” kata Heru.
Proyek Tol Layang Cikampek
Proyek Tol Layang Cikampek. Foto: Masayu Antarnusa/kumparan
Pengguna jalan yang akan mengakses tol layang Jakarta-Cikampek ini, sebaiknya memperhatikan unsur-unsur keselamatan, pastikan kendaraan laik jalan, fisik pengemudi bugar, dan patuhi aturan lalu lintas.
Sebelumnya, jalan tol yang diyakini bisa mengurai macet di jalur neraka Jakarta-Cikampek, sudah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (12/12) lalu.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan