kumparan
16 Apr 2019 15:36 WIB

TPS Unik Bertema Panggung Pernikahan dan Motor Trail di Semarang

Warga mengambil surat suara saat melakukan simulasi pemungutan suara di Desa Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (12/5). Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
TPS biasanya dibuat sederhana, paling-paling hanya terdapat sejumlah meja dan kursi. Mulai dari bangku tempat menunggu pendaftaran, meja untuk menaruh bilik pencoblosan, meja untuk kotak suara, hingga papan tulis.
ADVERTISEMENT
Namun, di Kota Semarang, ada satu TPS unik. TPS itu didesain megah bak panggung pernikahan. TPS benomor 09 itu terletak di Jalan Medoho Seruni, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari.
"Ya kami memang ingin biar (TPS-nya) menarik," ujar Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 09, Sunarti, kepada kumparan, Selasa (16/4).
Sunarti mengaku persiapan pembuatan TPS panggung pernikahan itu dilakukan sejak seminggu yang lalu. Warga sekitar bergotong royong membuat TPS unik itu saat sore hari, seusai bekerja. Pembuatan TPS ini juga berasal dari dana swadaya warga sekitar.
Suasana TPS 09 yang didesain seperti panggung pernikahan. Foto: Afiati Tsalitsati/kumparan
Sunarti mengaku ide ini datang secara spontan dari warga. Tujuannya agar suasana pemungutan suara menjadi ramai dan menarik warga mencoblos.
"Itu swadaya, itu kan di depan rumah saya, terus kebetulan tetangga saya memang punya sewaan tendanya (pernikahan), lainnya kita swadaya," ungkap dia.
ADVERTISEMENT
Sunarti mengaku ini pertama kalinya warga sekitar membuat TPS unik bertema pernikahan ini. Menurutnya, aksi ini sebagai wujud kesadaran warga setempat untuk bersama-sama memeriahkan Pemilu 2019.
"Ya ini kan bentuk semangat, kita inginnya nanti saat hari H (pencoblosan) ya 200-an DPT yang terdata di TPS 09 jadi semangat dan menyoblos," katanya.
Suasana TPS 09 yang didesain seperti panggung pernikahan. Foto: Afiati Tsalitsati/kumparan
Sunarti menjelaskan saat ini pihaknya tengah menunggu giliran untuk mengambil logistik pemilu di kelurahan. Ia memastikan TPS 09 sudah siap menyelenggarakan pemungutan suara, Rabu (17/1) besok.
"Tempatnya (TPS) kan sudah siap, nanti pukul 15.00 WIB baru kita ambil logistiknya. Karena ini masih disiapkan di kelurahan, yang pasti sudah siap," tegasnya.
Suasana TPS 06 dengan hiburan Trabas. Foto: Afiati Tsalitsati/kumparan
Selain TPS 09, terdapat juga TPS unik di RW 03, Kelurahan Panggung Lor, Semarang Utara, tepatnya di TPS 06. TPS ini bertema off road atau trabas. Saat pencoblosan nanti, panitia akan menyediakan atraksi motor trail agar menarik perhatian warga mencoblos.
ADVERTISEMENT
"Iya ini hobi, Ketua RW, Pak Camat, dan Pak Wali Kota senang trabas. Jadi selain buat nyoblos, juga buat hiburan. Warga silakan gunakan hak pilihnya lalu bisa nonton trabas," ujar Ketua RW 03, Haryanto di lokasi, Selasa (16/4).
Poster Pemilu 2019. Foto: kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan