News
·
23 Juli 2021 11:15
·
waktu baca 1 menit

Tren COVID-19 Turun Drastis, Taiwan Perlonggar Pembatasan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tren COVID-19 Turun Drastis, Taiwan Perlonggar Pembatasan (642343)
searchPerbesar
Sejumlah siswa maka siang di atas meja yang ditutupi partisi plastik sebagai upaya pencegahan virus corona di Sekolah Dasar Dajia Taiwan. Foto: AFP/Sam Yeh
Upaya Taiwan untuk mengendalikan laju penularan virus corona mulai menunjukkan hasil. Penambahan kasus baru turun dengan cepat.
ADVERTISEMENT
Sejak lonjakan kasus COVID-19 terjadi pada Mei 2021, Pemerintah Taiwan langsung memberlakukan pembatasan level tiga. Aturan itu mencakup pembatasan kerumunan, penutupan tempat hiburan, hingga larangan makanan di restoran.
Jelang berakhirnya pembatasan level tiga pada 26 Juli mendatang, kasus COVID-19 di Taiwan makin merosot. Perdana Menteri Su Tseng-chang lalu memutuskan menurunkan tahap pembatasan ke level dua.
Tren COVID-19 Turun Drastis, Taiwan Perlonggar Pembatasan (642344)
searchPerbesar
Pemeriksaan virus corona warga Taiwan. Foto: Chen Chi-chuan / AFP
"Epidemi domestik perlahan stabil dan menuju arah baik," kata Su seperti dikutip dari Reuters.
"Warga kami minta tetap disiplin mengikuti seluruh panduan pencegahan dan demi menjaga capaian yang sulit dicapai ini setelah kami melonggarkan pembatasan," sambung dia.
Pemerintah Taiwan memastikan, meski ada pelonggaran kebijakan itu tidak berlaku menyeluruh. Di daerah yang penyebaran corona masih tinggi maka pembatasan tetap berlaku.
ADVERTISEMENT
Per awal Juli ini rata-rata penambahan kasus COVID-19 di Taiwan hanya sekitar 30an orang. Jumlah itu merosot tajam saat pandemi mencapai puncak pertengahan Mei 2021. Kala itu dalam 24 jam 500 lebih kasus muncul.
Kini total infeksi COVID-19 di Taiwan sebanyak 15.511. Sebanyak 782 di antaranya meninggal dunia.