Trump Menang Kaukus Republik di Iowa, Tanding Ulang Lawan Biden di Depan Mata

16 Januari 2024 12:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Calon Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan lawannya Joe Biden saat debat terakhir kampanye presiden AS 2020 pada 22 Oktober 2020. Foto: Jonathan Ernst/REUTERS
zoom-in-whitePerbesar
Calon Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan lawannya Joe Biden saat debat terakhir kampanye presiden AS 2020 pada 22 Oktober 2020. Foto: Jonathan Ernst/REUTERS
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Donald Trump (77) mengamankan kemenangan pada kontes perdana kandidat presiden dari Partai Republik yang digelar di Iowa pada Senin (15/1). Kemenangan itu membuat tanding ulang Trump melawan petahana Joe Biden pada Pemilu 2024 makin di depan mata.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan lembaga riset kualitatif dan kuantitatif Edison Research, dua bakal capres Partai Republik lainnya yang ada tepat di bawah peringkat Trump adalah Gubernur Florida Ron DeSantis dan eks Dubes AS untuk PBB Nikki Haley.
Trump diprediksi akan menang dengan selisih besar pada pemilu Partai Republik di Iowa. Prediksi tersebut berdasarkan hasil jajak pendapat nasional. Trump selalu berada di peringkat wahid dengan margin lebar.
Para pemilih berpartisipasi dalam hari kaukus kepresidenan Partai Republik, di Horizon Event Center di Clive, Iowa, AS, Senin (15/1/2024). Foto: Sergio Flores/REUTERS
"Terima kasih Iowa, saya cinta kalian semua," ucap Trump setelah mengetahui keunggulan dirinya pada perhitungan sementara di Iowa, seperti dikutip dari Reuters.
Laporan Edison Research, sudah 60 persen lebih suara kader Republik di Iowa yang dihitung. Trump mendapat 50,6 persen dukungan.
Itu menjadi hasil terbesar yang pernah diraih salah satu kandidat sepanjang kaukus Republik di Iowa.
ADVERTISEMENT
Kaukus penduduk Iowa untuk calon presiden pilihan mereka tahun 2024 di Franklin Jr. High School di Des Moines, Iowa, pada Senin (15/1/2024). Foto: CHRISTIAN MONTERROSA/AFP
"Rakyat Iowa mengirimkan pesan jelas malam ini: Donald Trump akan menjadi calon selanjutnya dari Partai Republik. Sekarang waktunya menjadikan dia Presiden selanjutnya AS," kata jubir Komite Pendukung Trump, Alex Pfeiffer.
Kaukus di Iowa adalah rangkaian awal untuk memilih capres Partai Republik. Para kader Republik pemegang hak suara pada kaukus di Iowa dikumpulkan pada kelompok kecil.
Kemudian mereka akan memberikan pilihan secara rahasia. Itu dilakukan setelah para kader Republik mendengarkan pidato dari masing-masing bakal calon presiden.
Presiden AS Donald Trump dan calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden. Foto: Reuters
Edison menyatakan, pada kaukus di Iowa 2024 ini akan ada 120 ribu suara yang masuk.
Joe Biden (81), yang kemungkinan besar akan kembali dicalonkan oleh Partai Demokrat, berkomentar atas kemenangan Trump di Iowa. Dia mengaku bahwa Trump adalah calon terdepan untuk menjadi capres Partai Republik setelah kemenangan di Iowa.
ADVERTISEMENT
"Sepertinya Donald Trump baru menang di Iowa. Dia jelas kandidat terdepan pada sisi lawan," ucap Biden.