News
·
14 Oktober 2020 9:49

Tsamara Ragu Rizieq Syihab Segera Pulang: Beberapa Kali Begitu, tapi Tak Jadi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tsamara Ragu Rizieq Syihab Segera Pulang: Beberapa Kali Begitu, tapi Tak Jadi (64785)
Rizieq Shihab. Foto: Adeng Bustomi/Antara
Imam besar FPI Habib Rizieq Syihab santer dikabarkan akan kembali ke Indonesia. Rencana ini terungkap lewat rekaman pidato Rizieq dalam bahasa Arab, yang diputar saat aksi demo PA 212 menolak Omnibus Law, Selasa (13/10).
ADVERTISEMENT
Namun, kabar akan pulangnya Rizieq ke Indonesia diragukan oleh Ketua DPP PSI Tsamara Amany. Menurutnya, kebenaran kepulangan Rizieq hanya bisa diyakini jika disampaikan langsung oleh pemerintah atau Kedubes Arab Saudi.
"Iya skeptis (ragu) kecuali konfirmasinya datang dari pemerintah atau kedutaan Saudi. Kita lihat saja perkembangannya," kata Tsamara Amany saat dihubungi, Rabu (14/10).
Keraguan Tsamara bertambah mengingat informasi kepulangan Rizieq ke Tanah Air sudah beberapa kali didengarnya. Namun, kenyatannya, Rizieq tak pernah benar-benar pulang.
Tsamara Ragu Rizieq Syihab Segera Pulang: Beberapa Kali Begitu, tapi Tak Jadi (64786)
Kutua DPP PSI, Tsamara Amany. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Selain itu, ia masih menunggu kepastian kabar pencekalan dan denda yang sempat dijatuhkan ke Rizieq memang sudah dicabut.
"Saya sudah terlalu sering dengar kabar Habib Rizieq pulang, tapi tidak pernah pulang. Saya kira kebenaran cekal dan pencabutan denda itu juga harus dikonfirmasi ke pemerintah Indonesia dan Kedutaan Saudi," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Tsamara juga tak melihat adanya pengaruh Rizieq dalam kancah politik nasional, jika benar kembali ke Indonesia.
"Kalau soal pengaruh beliau terhadap kancah politik nasional, saya rasanya masih skeptis. Pada akhirnya kancah politik nasional lebih didominasi partai politik besar dan nama-nama yang lebih besar, seperti Pak Jokowi, Pak Prabowo, Pak Ganjar, Pak Ridwan Kamil, dan lain-lain," tandas Tsamara.
Tsamara Ragu Rizieq Syihab Segera Pulang: Beberapa Kali Begitu, tapi Tak Jadi (64787)
Bendera bergambar Habib Rizieq Shihab dibawa peserta Reuni 212 di Lapangan Monas, Jakarta, Senin (2/12). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Habib Rizieq menyampaikan kabar kepulangan dalam sebuah rekaman pidato di hadapan ribuan demonstran yang menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja.
Orator mengatakan, Rizieq dalam pidatonya menyampaikan akan segera pulang ke Indonesia, karena cekal dan denda yang sempat dijatuhkan sudah dicabut.
"Alhamdulillah, setelah melalui proses perundingan panjang, dari Habib Rizieq Syihab dan otoritas Kerajaan Saudi, akhirnya terdapat kejelasan dan titik terang kepulangan Habib Rizieq Syihab, wasyukurilah, pada hari ini Imam besar Habib Rizieq Syihab secara resmi sudah dicabut cekalnya. Dan hari ini juga sudah dibebaskan dari denda-dendanya, denda apa pun, karena imam besar Habib Rizieq Syihab tidak bersalah di Saudi." ujar orator yang menerjemahkan pidato Rizieq, Selasa (13/10).
ADVERTISEMENT
***
Saksikan video menarik di bawah ini.
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona