kumparan
28 Des 2017 19:45 WIB

Turis Rusia Nekat Mendaki dan Rekam Aktivitas Gunung Agung

GIF Kawah Gunung Agung (Foto: Instagram @sutopopurwo)
Aktivitas vulkanik Gunung Agung di Karangasem, Bali, masih tinggi. Dibalik ancaman erupsi, seorang turis asal Rusia nekat mendaki gunung tersebut. Turis itu juga mengabadikan kondisi kawah dalam sebuah rekaman video.
ADVERTISEMENT
Video itu ikut dibagikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Instagramnya, @sutopopurwo, Kamis (28/12). Dia membagikan video tersebut dengan menuliskan pesan peringatan agar tak ada lagi orang yang nekat mendaki Gunung Agung.
"Masyarakat diimbau tidak masuk ke zona berbahaya. Jangan mengikuti ulah orang tersebut, dengan tujuan apapun. Sebab sangat berbahaya. Bukan hanya berbahaya kepada orang yang menerobos ke zona berbahaya. Tapi akan juga berbahaya bagi petugas SAR untuk evakuasi jika terjadi korban jiwa akibat erupsi di zona berbahaya tersebut," tulis Sutopo, Kamis (28/12).
Lebih lanjut, Sutopo menerangkan video tersebut diambil pada Kamis (28/12) pagi. Dari video itu tampak kawah membara dan mengeluarkan asap pekat.
ADVERTISEMENT
Keadaan tersebut menempatkan aktivitas Gunung Agung dalam level 4 atau awas. Sementara untuk zona berbahaya erupsi berada dalam radius 8-10 km dari puncak kawah.
"Di luar zona tersebut aman dan normal," kata Sutopo.
Loading Instagram...
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan