News
·
19 Agustus 2020 16:22

Uang Rp 3,5 Juta Warga Sulsel Ludes Dimakan Rayap karena Disimpan di Bawah Kasur

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Uang Rp 3,5 Juta Warga Sulsel Ludes Dimakan Rayap karena Disimpan di Bawah Kasur (76539)
searchPerbesar
Uang senilai Rp 3,5 juta dimakan rayap di Sulawesi Selatan. Foto: Dok. Istimewa
Uang jutaan rupiah milik seorang warga di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), hancur dan tak bisa dipergunakan. Pemilik uang itu adalah Puang Ecce. Uang berbagai pecahan itu hancur dan nyaris habis dimakan serangga jenis rayap. Keponakan Puang Ecce, Nur Vadilla, menceritakan duit kertas berbagai pecahan ini tidak bisa dipergunakan lagi karena kondisinya sudah tidak sempurna. Uang itu sudah bolong-bolong dan bahkan beberapa bagian uang tidak ada lagi.
ADVERTISEMENT
"Uangnya tanteku di Bone, hancur duit dimakan rayap. Uang kertas berbagai pecahan, mungkin sekitar Rp 3,5 juta," kata Nur saat diwawancarai wartawan, Rabu (19/8).
Nur menceritakan, tantenya tersebut mulanya tinggal di Kabupaten Bone. Kemudian, tantenya pergi ke Kendari, Sulawesi Tenggara, untuk bekerja. Dan sebelum ke Kendari, sempat menaruh atau menyimpan uang sebanyak Rp 3,5 juta di bawah kasur tempat tidurnya.
Uang Rp 3,5 Juta Warga Sulsel Ludes Dimakan Rayap karena Disimpan di Bawah Kasur (76540)
searchPerbesar
Uang senilai Rp 3,5 juta dimakan rayap di Sulawesi Selatan. Foto: Dok. Istimewa
Dan setelah beberapa tahun berlalu, tantenya pulang kembali ke Bone. Tantenya kemudian membersihkan rumah yang sempat ditinggalkan beberapa tahun itu. Dan akhirnya, menemukan uang kertas ini di bawah kasurnya.
"Kejadiannya beberapa bulan lalu. Sepulangnya dari Kendari, dia bersihkan rumahnya di Bone. Dia kaget saat membersihkan kasur, ternyata ada uang yang dia simpan, dia juga lupa. Pas dilihat uangnya sudah rusak dimakan rayap," terangnya,
ADVERTISEMENT
Nur menceritakan, tantenya itu hanya bisa pasrah melihat uangnya nyaris habis dimakan rayap. Padahal uang pecahan Rp 5 ribu, Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu itu tersimpan rapi di bawah kasur.
Dia juga mengaku, tantenya itu sudah sempat membawa uangnya tersebut ke bank. Dengan maksud dan berharap agar pihak bank mau menukar uangnya yang rusak dimakan rayap itu dengan uang baru. Tapi ternyata, dari pihak bank tidak menerima penukaran uang itu karena kondisinya yang sudah rusak.
Uang Rp 3,5 Juta Warga Sulsel Ludes Dimakan Rayap karena Disimpan di Bawah Kasur (76541)
searchPerbesar
Uang senilai Rp 3,5 juta dimakan rayap di Sulawesi Selatan. Foto: Dok. Istimewa
"Sudah dicoba ke bank untuk tukarkan tapi pihak bank menolak. Jadi mau apa lagi, uang ini jadi pajangan saja," jelas Nur.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)