Puskesmas Uji Klinis Vaksin COVID-19
13 Oktober 2020 16:27

Uji Klinis III Masih Berjalan, Vaksin Corona Apa yang Dipakai RI November 2020?

Uji Klinis III Masih Berjalan, Vaksin Corona Apa yang Dipakai RI November 2020? (184760)
Seorang relawan menunjukkan no antrean uji klinis Vaksin COVID-19 usai pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Dago, Bandung, Selasa (11/8/2020). Foto: Novrian ARbi/Antara
Pemerintah Indonesia menargetkan bulan November 2020 sudah mulai proses penyuntikan vaksin corona ke kelompok prioritas. Vaksin apa yang digunakan?
ADVERTISEMENT
Pertanyaan ini muncul mengingat proses uji klinis III vaksin corona produksi Sinovac di Indonesia masih berjalan hingga Desember 2020.
Manajer Lapangan Tim Uji Vaksin Universitas Padjadjaran Eddy Fadlyana memberikan penjelasan terkait vaksinasi bulan depan itu. Ia mengatakan, ada 150 lebih vaksin corona yang dikembangkan di seluruh dunia.
Uji Klinis III Masih Berjalan, Vaksin Corona Apa yang Dipakai RI November 2020? (184761)
Infografik Vaksinasi Corona di RI Mulai November 2020. Foto: kumparan
Dari 150 itu memasuki tahap yang berbeda-beda. Ada yang uji praklinik, ada yang fase I, dan yang masuk ke fase III itu ada 10 kandidat sampai hari ini.
"Nah, yang 10 [fase III] itu adu cepat, di antaranya yang Sinovac juga fase III-nya beda mungkin 1-2 bulan dengan yang Indonesia itu. Kita agak terlambat mengadopnya. Mereka itu penelitiannya di Brasil. Diperkirakan sekarang belum selesai juga tuh [yang di Brasil]," jelas dia.
ADVERTISEMENT
Tapi, pada November diperkirakan uji klinis III di Brasil sudah selesai. Jadi, vaksin yang akan digunakan di Indonesia bulan itu adalah yang sudah diuji di sana.
"Kalau mereka dapat authority emergency, jadi izin dalam suasana pandemi keluar dari WHO, bulan November bisa digunakan. Jadi November itu selesainya, penelitian fase III Sinovac yang awal," tutur Eddy.
"Kalau di kita baru Desember selesai, untuk dipakai Januari [2021]. Kalau mereka (Sinovac) sudah selesai November," sambung dia.
Uji Klinis III Masih Berjalan, Vaksin Corona Apa yang Dipakai RI November 2020? (184762)
Ilustrasi vaksin corona dari Sinovac. Foto: Thomas Peter/REUTERS
Sederhananya, kita membeli vaksin corona Sinovac ready to use. Kalau yang akan diproduksi ulang oleh Bio Farma itu masih dalam bentuk bulk (konsentrat).
Seperti diketahui, perusahaan farmasi Sinovac yang berbasis di China dan Indonesia sudah menandatangani perjanjian komitmen pengiriman 1,5 juta dosis vaksin (single dose vials) pada minggu pertama November 2020.
ADVERTISEMENT
"Jadi itu juga mungkin belinya yang udah jadi kelihatannya. Sudah langsung jadi. Kalau dengan Bio Farma kan belinya dengan bentuk bulk. Jadi beli bahan bakunya nanti dicampur, dimasukkan dalam vialnya (botol gelas kecil wadah vaksin-Red) di Bio Farma," tutup Eddy.