News
·
26 Juli 2021 6:30
·
waktu baca 2 menit

Umrah Internasional Dibuka 9 atau 10 Agustus, Bagaimana Jemaah dari Indonesia?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Umrah Internasional Dibuka 9 atau 10 Agustus, Bagaimana Jemaah dari Indonesia? (824334)
searchPerbesar
Jemaah umrah kembali berdatangan ke Masjidil Haram usai pelaksanaan haji 2021 berakhir . Foto: gph.gov.sa
Pemerintah Arab Saudi memutuskan membuka umrah untuk jemaah internasional atau luar negeri mulai 1 Muharam 1443 H, diperkirakan tanggal 9 atau 10 Agustus 2021. Semua negara diperbolehkan langsung mengirim jemaah dari negaranya kecuali Indonesia dan 8 negara lainnya.
ADVERTISEMENT
Indonesia bersama 8 negara lainnya, yaitu India, Pakistan, Mesir, Turki, Argentina, Brasil, Afrika Selatan, dan Lebanon, mendapat travel ban dari Arab Saudi sejak awal Februari 2021 akibat tingginya kasus corona dan penanganan pandemi yang belum stabil.
Dikutip dari Haramain Sharifain, Senin (26/7/2021), kaum muslimin dari 9 negara tersebut tetap bisa melaksanakan umrah dengan syarat. Syarat tersebut adalah mereka harus terbang ke negara ketiga untuk melakukan karantina selama 14 hari sebelum melanjutkan penerbangan ke Arab Saudi.
Umrah Internasional Dibuka 9 atau 10 Agustus, Bagaimana Jemaah dari Indonesia? (824335)
searchPerbesar
Jemaah umrah Indonesia tiba di Arab Saudi sebelum pelarangan terbang dari Indonesia pada Februari 2021. Foto: Twitter/@HajMinistry
Semua jemaah juga harus sudah divaksin COVID-19 lengkap. Vaksin yang direkomendasikan adalah Pfizer, Moderna, AstraZeneca, dan Johnson & Johnson/Janssen.
Sedangkan calon jemaah yang telah menerima vaksin buatan China, seperti Sinovac dan Sinopharm, harus mendapatkan satu suntikan booster dari salah satu dari keempat vaksin yang direkomendasikan Arab Saudi.
ADVERTISEMENT
Usia jemaah umrah internasional 18 tahun ke atas. Mereka juga harus menggunakan agen umrah yang telah diakreditasi oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.
"Kelayakan dan Persyaratan sering berubah karena keadaan yang berkembang seputar COVID-19, silakan hubungi Agen Umrah Terakreditasi terdekat Anda untuk informasi yang akurat dan terbaru," ungkap Haramain Sharifain.
Ratusan Perusahaan Umrah Siap Melayani
Umrah Internasional Dibuka 9 atau 10 Agustus, Bagaimana Jemaah dari Indonesia? (824336)
searchPerbesar
Jemaah umrah kembali berdatangan ke Masjidil Haram usai pelaksanaan haji 2021 berakhir . Foto: gph.gov.sa
Sementara itu, Saudi Gazette melaporkan, sekitar 500 perusahaan dan lembaga layanan umrah dan lebih dari 6.000 agen umrah asing siap melayani para jemaah umrah internasional.
Para calon jemaah dapat memesan paket umrah dan melakukan semua pembayaran melalui sekitar 30 situs dan platform elektronik yang tersedia untuk reservasi global. Demikian diungkapkan Hani Ali Al-Amiri, anggota Komite Nasional Haji dan Umrah.
ADVERTISEMENT
Hanya mereka yang telah divaksinasi penuh terhadap virus corona yang dapat mengajukan visa umrah.
Para calon jemaah umrah juga harus dalam kondisi kesehatan yang prima dan harus mematuhi protokol yang bertujuan untuk memastikan keselamatan jemaah yang datang dari luar negeri.
Amiri mengatakan, semua layanan dan paket tersedia secara online dan dapat diperoleh di platform pemesanan global dan lokal yang disetujui oleh Kementerian Haji dan Umrah melalui sistem grup B2B (business-to-business) atau melalui B2C (business-to-consumer). Sedangkan perusahaan umrah Saudi menawarkan paket penginapan, transportasi, dan semua layanan darat.