News17 September 2020 18:25

Usia Produktif Mobilitasnya Tinggi, Jangan Jadi Carrier Corona ke Orang Rentan

Konten Redaksi kumparan
Usia Produktif Mobilitasnya Tinggi, Jangan Jadi Carrier Corona ke Orang Rentan (314850)
Seorang warga dengan membawa surat bukti pelanggaran karena tidak mengenakan masker di Jakarta, Selasa (7/7). Foto: Wahyu Putro A/Antara Foto
Juru bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, mengungkapkan sepekan terakhir rata-rata kasus kematian akibat corona di Indonesia berjumlah 105 kasus/hari. Angka ini meningkat 25 persen dari minggu sebelumnya.
ADVERTISEMENT
"Secara persentase, rata-rata kasus meninggal juga meningkat dari 3 persen minggu lalu, jadi 7 persen minggu ini. Artinya, sejak bulan September, angka kematian akibat COVID-19 perlu betul-betul jadi perhatian," jelas Wiku di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (17/9).
Dari 9.222 pasien virus corona yang meninggal di Indonesia, 80 persen didominasi oleh kelompok usia 45 tahun ke atas. Wiku pun menekankan kelompok usia ini untuk menerapkan protokol kesehatan ketat, mulai dari tidak berkegiatan di luar rumah hingga menghindari transportasi umum.
Usia Produktif Mobilitasnya Tinggi, Jangan Jadi Carrier Corona ke Orang Rentan (314851)
Prof Wiku Adisasmito. Foto: BNPB
Meski begitu, Wiku menekankan kelompok usia produktif berusia 19-45 tahun agar juga tidak lengah. Sebab, kelompok ini memiliki mobilitas yang jauh lebih tinggi, dan berpotensi menjadi carrier (pembawa virus) ke orang-orang di sekitarnya.
ADVERTISEMENT
"Sebagai kelompok produktif dengan mobilitas relatif tinggi dan frekuensi sosial tinggi, berpotensi menjadikan mereka sebagai carrier yang dapat menularkan COVID-19 ke keluarga atau kerabatnya. Atau kelompok orang-orang yang berusia rentan dan tinggal bersama mereka," ungkap Wiku.
Wiku pun mengingatkan para kelompok usia produktif untuk benar-benar menjaga dirinya dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Sehingga, diharapkan dapat meminimalisasi penyebaran virus corona ke kelompok orang rentan.
Usia Produktif Mobilitasnya Tinggi, Jangan Jadi Carrier Corona ke Orang Rentan (314852)
Petugas memberhentikan warga yang tidak menggunakan masker di Banda Aceh, Aceh, Selasa (15/9). Foto: Chaideer Mahyuddin/AFP
"Kelompok usia ini benar-benar jaga diri dengan protokol kesehatan, saat bekerja atau ketika keluar rumah. Dan mohon apabila tiba di rumah, betul-betul membersihkan diri sebelum berinteraksi dengan kelompok usia rentan di rumah," tutup Wiku.
Dilihat dari laman covid19.go.id, Satgas COVID-19 memetakan persentase kematian akibat virus corona berdasarkan kelompok usia.
ADVERTISEMENT
Hasilnya, pasien berusia 0-5 tahun sebesar 0,8 persen, usia 6-18 tahun 1,1 persen, usia 19-30 tahun sebesar 4,2 persen, usia 31-45 tahun 14,1 persen, usia 46-59 tahun 39,6 persen, dan di atas 60 tahun 40,2 persen.
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white