News
·
19 Agustus 2020 13:10

Video: Guncangan Dahsyat Gempa 6,9 Magnitudo di Bengkulu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Video: Guncangan Dahsyat Gempa 6,9 Magnitudo di Bengkulu (404352)
searchPerbesar
Ilustrasi gempa bumi. Foto: Getty Images
Warga Bengkulu dikejutkan dengan dua gempa bumi pada Rabu (19/8) pagi. Gempa pertama terjadi sekitar pukul 05.23 WIB dengan kekuatan 6,6 magnitudo. Sementara itu, gempa kedua terjadi enam menit setelahnya, dengan kekuatan 6,7 magnitudo.
ADVERTISEMENT
Dua rentetan gempa itu membuat warga panik. Sejumlah video yang memperlihatkan kuatnya guncangan itu juga tersebar di sejumlah media sosial.
Salah satunya diperlihatkan oleh warga yang berlokasi di Jalan WR. Supratman Pematang Gubernur, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu melalui akun Twitter @TuanChalien. Dalam video CCTV rumahnya, gempa tersebut membuat penghuni rumah lari untuk evakuasi diri.
Pengunggah video itu mengatakan, salah satu penghuni yang lari karena gempa merupakan ibunya yang sudah berumur 61 tahun. Dalam video itu, ibu tersebut terlihat lari dengan kencang.
Selain itu ada juga akun @kin0y yang sempat merekam kejadian gempa di Curup, daerah yang berjarak sekitar dua jam dari Bengkulu. Video tersebut diambil sekitar pukul 05.29 WIB. Dalam video itu terlihat, lampu yang tergantung di langit-langit goyang karena gempa.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, warga di Telaga Dewa, Kota Bengkulu, Tsara, mengatakan guncangan tersebut terasa hebat di rumahnya. Ia sempat merekam kencangnya getaran gempa tersebut dan mengunggahnya ke Twitter melalui akun @ketrejoan.
Selain itu, sejumlah warga di perumahan Kelurahan Tanah Patah, Kecamatan Ratu Agung, Bengkulu Kota, juga panik karena guncangan gempa. Mereka terlihat keluar rumah untuk menyelematkan diri. Video suasana di perumahan itu diunggah oleh akun @ixelfs_.
"Itu videonya setelah goncangan kedua. Aku baru berani ambil handphone setelah gempanya berhenti jadi kondisinya video itu warga sudah keluar semua," ucapnya kepada kumparan, Rabu (19/8).
Kepanikan akibat gempa itu juga terlihat di kawasan Pantai Kota Bengkulu, tepatnya di Sungai Hitam. Sejumlah warga berhamburan untuk mengevakuasi diri.
ADVERTISEMENT