kumparan
14 Oktober 2019 17:37

Vietnam Tarik Animasi 'Abominable' Gara-gara Peta Laut China Selatan

Film animasi Abominable
Film animasi Abominable. Foto: Dok. Dreamworks
Lembaga sensor film Vietnam menarik film animasi "Abominable" dari bioskop akibat cuplikan yang dianggap mengganggu kedaulatan negara. Cuplikan tersebut menampilkan Laut China Selatan, wilayah sengketa dengan China.
ADVERTISEMENT
China menetapkan sembilan-garis-putus di Laut China Selatan untuk mengklaim wilayahnya. Namun wilayah ini juga disengketakan oleh beberapa negara, salah satunya Vietnam.
Diberitakan AFP, Senin (13/10), dalam film animasi Abominable ditampilkan peta Laut China Selatan versi China. Akibatnya Departemen Sinema Vietman menarik film tersebut dari bioskop.
Film Abominable sendiri menceritakan seorang anak perempuan yang membantu yeti pulang ke gunung Everest.
Laut China Selatan
Laut China Selatan. Foto: Reuters
Menurut Nguyen Thu Ha, kepala Departemen Sinema Vietnam, mereka kecolongan dalam proses sensor. Ha mengatakan, di departemen yang dipimpinnya akan "sangat waspada dan bijaksana" dalam penyensoran di masa mendatang.
Peristiwa ini juga menuai kecaman dari masyarakat Vietnam di media sosial. Mereka marah pada tampilan peta tersebut. "Tolong pecat orang yang menyensor film ini," kata seorang pengguna Facebook Pham Tan Phong.
ADVERTISEMENT
Pemerintah komunis Vietnam memang menerapkan sensor ketat pada adegan yang dianggap kekerasan, adegan seksual, atau terlalu sensitif secara politik.
Pada 2018, film "Crazy Rich Asians" di Vietnam disensor pada adegan tas mahal yang memuat peta Laut China Selatan versi China. Tahun ini, film "Joker" juga disensor pada adegan kemarahan massa di sekitar Joker, untuk mencegahnya ditiru warga.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan